Home Buleleng Round Up Sidak Takjil, BBPOM Denpasar Temukan Makanan Ber-Rhodamin B

Sidak Takjil, BBPOM Denpasar Temukan Makanan Ber-Rhodamin B

29
0
SHARE

Singaraja, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar melakukan sidak takjil di Buleleng. Hasilnya BBPOM Denpasar menemukan 2 makanan mengandung Rhodamin B dan 1 makanan mengandung boraks.

Sidak dilakukan BBPOM Denpasar secara rutin di bulan puasa. Rabu (22/05) sidak dilakukan di Kabupaten Buleleng didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Buleleng Ny. Aries Suradnyana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng Surya Temaja, dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng Ketut Suparto. Sidak takjil menyasar pasar kaget di Jalan Imam Bonjol Singaraja dan Pasar Kaget di Jalan Jeruk Kelurahan Kampung Kajanan.

Kepala BBPOM Denpasar Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni mengatakan dari 20 sampel yang diambil sebanyak 3 sampel tidak memenuhi syarat karena mengandung bahan berbahaya untuk di konsumsi.”Disini kita ambil 20 sampel yang kita curigai mengandung bahan berbahaya. Hasilnya ada 3 sampel, 2 mengandung rhodamin B dan 1 sampel mengandung boraks. Rhodamin B terdapat ada gula es dan bubur mutiara,”ungkapnya.

Dari temuan tersebut Kepala BBPOM Denpasar Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni mengatakan pihaknya akan melakukan pembinaan kepada pedagang maupun produsen untuk tidak menggunakan bahan berbahaya lagi.”Kita mencoba berbagai strategi, kita akan intervensi di peredaran. Kita temukan distributornya lalu kita cari produsennya untuk menyetop keran di hulu. Kita juga edukasi masyarakat untuk waspada mencari makanan yang berwarna mencolok sehingga dari permintaan tersebut, supplynya juga bisa berhenti,”jelasnya

Selain melakukan sidak di pasar kaget, BBPOM Denpasar lebih dulu melakukan sidak di 14 sarana seperti warung dan toko di seputar kota singaraja. Hasilnya BBPOM Denpasar menemukan 22 produk yang sudah rusak dan kedaluwarsa. Produk tersebut selanjutnya dimusnahkan oleh penjual dengan diawasi BBPOM Denpasar.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.