Home Buleleng Round Up Seminar Perempuan Kepala Keluarga Wujudkan Program Three Ends

Seminar Perempuan Kepala Keluarga Wujudkan Program Three Ends

16
0
SHARE

Banjar Tegal, Seminar Perempuan Kepala Keluarga PEKKA merpakan salah satu program percepatan untuk mewujudkan three ends.

Seminar tersebut diselenggarakan Rabu pagi di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja dengan menghadirkan tiga orang narasumber dari unsur akademisi dan yayasan. Mereka diantaranya, Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia Kabupaten Buleleng Ida Bagus Astawa dengan materinya Dinamika Gender dan Fenomena Perempuan Kepala Keluarga PEKKA, Ida Ayu Rusmarini dari Yayasan Puri Damai Denpasar dengan materinya Manfaat Tanaman Obat untuk Kesehatan Masyarakat serta I Wayan Damai dari Yayasan Puri Damai Denpasar dengan materinya Pengenalan Tanaman Obat dan Peotonan.

Dalam paparannya, Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia Kabupaten Buleleng Ida Bagus Astawa menjelaskan bahwasannya 13% dari populasi keluarga di Indonesia dikepalai oleh perempuan. Banyak hal yang menjadi penyebab perempuan mengambil alih peran sebagai kepala keluarga, diantaranya disebabkan karena perceraian, bencana alam yang menimpa sang suami hingga akhirnya meninggal, serta alasan lainnya. hal-hal tersebut menjadi factor utama perempuan dapat menjadi Kepala Keluarga dalam sebuah keluarga. Hal itu pun memberikan sinergi yang positif terhadap program three ends yang dicanangkan untuk mewujudkan perempuan dan anak yang berkualitas, mandiri dan berkepribadian dengan menghentikan kekerasan pada perempuan dan anak (end violence against woman and children), menghentikan perdagangan manusia (end human trafficking) dan memberikan keadilan akses terhadap ekonomi bagi perempuan (end barriers to economic justice).

Selain itu terdapat pula narasumber lainnya, Ida Ayu Rusmarini dari Yayasan Puri Damai Denpasar dengan materinya Manfaat Tanaman Obat untuk Kesehatan Masyarakat.

Disela-sela pemaparannya Dayu Rusmarini juga melakukan demo pembuatan jamu, yang menggunakan bahan-bahan herbal. Produk-produk yang dihasilkan tersebut dapat dijual sehingga bisa menghasilkan uang tambahan bagi keluarga. Hal itupun dapat mendudukung program three ends poin ketiga yakni memberikan keadilan akses terhadap ekonomi bagi perempuan (end barriers to economic justice).

Perempuan Kepala Keluarga memiliki peran ganda, selain sebagai kepala keluarga juga sebagai Ibu Rumah Tangga. Peran perempuan dalam hal ini sangat penting dalam keluarga untuk mengatur dan membuat rumah tangga menjadi aman. Perempuan Kepala Keluarga juga diharapkan mampu memerankan diri sebagai tax offer untuk dapat mengalokasikan dana bagi orang lain yang membutuhkan dan sekaligus sebagai stakeholder keuangan keluarga.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.