Home Buleleng Round Up Relokasi Diimulai Pedagang Pasar Tumpah Datangi Disdagprin

Relokasi Diimulai Pedagang Pasar Tumpah Datangi Disdagprin

17
0
SHARE

Kaliuntu, Para pedagang pasar tumpah di terminal Banyuasri Jumat (17/05) mendatangi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng.

Kehadiran ratusan pedagang pasar tumpah untuk menyampaikan aspirasi terkait relokasi sehubungan pembangunan pasar darurat Banyuasri. Ratusan pedagang yang dikordinir Jro Made Purna diterima Kadis Perindag Ketut Suparto di  halaman dinas Perindag. Setelah bernegosiasi, lima perwakilan mereka diterima di ruang kerja Kadis Perindag. Pertemuan yang berlangsung hampir 30 menit menghasilkan beberapa kesepahaman diantaranya soal luasan tempat dan komitmen tidak ada pedagang baru.

Usai pertemuan koordinator pedagang pasar tumpah Jro Made Parna menjelaskan para pedagang mengeluhkan lokasi berjualan yang lebih kecil dari sebelumnya. Saat ini para pedagang mendapat tempat berukuran 1 x 1,5 meter, sedangkan sebelumnya 2×2 meter.

Kordinator pedagang Made Purna mengakui jika para pedagang memaklumi dan dapat menerima penjelasan dari kadisdagprin. “Solusinya seperti tadi sudah diterima cuma dari pihak pedagang memohon untuk dilebarkan. Kalau bersikeras sih tidak karena pedangang mempercayakan kepada saya upaya tidak ada kerancuan,”ungkapnya.

Kadis perindag Ketut Suparto menjelaskan bahwa lokasi yang palng strategis untuk relokasi pedagang adalah pada lambung timur terminal Banyuasri. Sebelumnya sempat ada wacana pemindahan ke  Jalan Teratai Singaraja. Oleh karenanya para pedagang harus mau memaklumi kondisi yang ada.

Terkait adanya kekhawatiran pedagang baru yang ikut berjualan pada lokasi baru, kadisdagprin Suparto dengan tegas mengaku akan ikut mengawasi dan jika ada pedagang baru pihaknya selaku pengawas PD Pasar akan bersikap. “Sesuai petunjuk Bupati tidak boleh ada pedagang baru, maankala ada tolong dilaporkan kepada kami. Sehingga Bupati bisa menegur PD Pasar agar tidak ada pedagang baru. Kami sudah berkomitmen dengan PD Pasar tidak mungkin menambah pedagang baru karena sudah banyak,”jelasnya.

Seperti diketahui PD pasar mendeadline para pedagang tumpah untuk relokasi serangkaian pembangunan pasar darurat Banyuasri. Sekitar 434 pedagang disiapkan tempat berukuran 1 x 1,5 meter.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.