Home Buleleng Round Up Rekontruksi  Janger Menyali Tampil Menghibur

Rekontruksi  Janger Menyali Tampil Menghibur

356
0
SHARE
Berita Buleleng Terbaru, Berita Buleleng Hari Ini

Hasil rekontruksi janger Menyali Kamis (18/05/2017) malam tampil menghibur penonton pada panggung Pesta Kesenian Bali, PKB tingkat Kabupaten Buleleng ke-39, di Eks Pelabuhan Buleleng.

Kampung Baru, Walau merupakan kesenian tradisional namun penampilan janger hasil rekontruksi tersebut mampu membius para penonton yang hadir menyaksikan PKB Buleleng pada  hari kedua.

Penampilan penari pria atau Jipak sangat necis. Mereka mengenakan baret merah, tanda pangkat, baju kemeja, celana pendek, kaos kaki, hingga sepatu. Berbeda dengan pakaian penari janger yang lazim dibawakan dalam janger kreasi.

Mereka adalah penari-penari yang sempat menarikan tari janger pada tahun 1960-an dan tahun 1970-an silam. Kini mereka tergabung dalam sanggar Saraswati desa Menyali di Kecamatan sawan.

Perbekel Desa Menyali, Made Jaya Harta mengungkapkan, para jipak dalam tari Janger Menyali, dulunya memang menggunakan pakaian seperti itu. Konon pakaian itu terinspirasi dari Tentara Belanda yang berlabuh pada Pabean Buleleng.“Meningatkan kembali kepada seni dan budaya kita yang sudah berpuluh – puluh tahun terpendam,” jelas Made Jaya Harta.

Seperti diketahui rekontruksi ini dilakukan pemerintah desa menyali dimulai pada  bulan Februari lalu mengingat janger oleh sebagian besar masyarakat desa Menyali masih dianggap kesenian sakral. (wir/ea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.