Home Buleleng Round Up Ratusan Ribu KIS Belum Terdistribusi

Ratusan Ribu KIS Belum Terdistribusi

84
0
SHARE

Kendran, Walau sudah tercetak bulan Pebruari lalu, namun Kartu Indonesia Sehat, KIS hingga kini belum terdistribusi seluruhnya. Terdapat ratusan ribu yang belum terdisitribusi.

Keluhan masyarakat akan belum diterimanya Kartu Indonesia Sehat, KIS akan segera terjawab. Pasalnya Dinas Sosial akan segera mendistribusikan KIS ke tujuh kecamatan. Demikian disampaikan Kadis Sosial Gede Sandiyasa Kamis (18/04) menyikapi keluhan warga akan ngadatnya KIS. Dipaparkan sebenarnya KIS telah tercetak pada bulan Pebruari lalu, namun karena keterbatasan waktu dan tenaga dan menghindari kesan politis akhirnya KIS baru akan dibagikan pasca Pemilu.

Kadis Sosial Gede Sandiyasa menambahkan hingga kini tercatat sembilan puluh lima persen masyarakat Buleleng sudah terakomodir KIS sebagaimana  Universal Health Coverage, atau jaminan kesehatan semesta. Adapun total tanggungan selama satu tahun mencapai 87 miliar rupiah dengan rincian tanggungan dari Pemerintah Kabupaten sebesar 49 persen atau 42 miliar rupiah dan tanggungan Propinsi sebesar 51 persen atau 45 miliar rupiah. “Masih ada lima persen penduduk Buleleng yang belum memiliki jaminan kesehatan. Diharapkan bagi penduduk yang mampu melakukan JKN mandiri sehingga ada sharing antara yang mampu dan tidak mampu,”ungkapnya.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.