Home Buleleng Round Up Ratusan Juta Dana Bergulir Mengendap Belasan Tahun Disdagprin Bentuk Tim Penagihan

Ratusan Juta Dana Bergulir Mengendap Belasan Tahun Disdagprin Bentuk Tim Penagihan

65
0
SHARE

Kaliuntu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng membentuk tim penagihan dana bergulir yang hingga kini masih mengendap pada ratusan nasabah.

Kadis Dagprin Ketut Suparto mengakui jika dana pemerintah yang digulirkan sejak tahun 2001 hingga kini masih mengendap pada ratisamn nasabah di Buleleng. Dari 650 juta rupiah dana yang digulirkan hingga awal bulan Juni ini tercatat  tunggakan mencapai 477 juta rupiah. Tunggakan sebanyak itu dipinjam oleh sekitar  200 orang nasabah. Kenyataan ini menjadi temuan badan Pemeriksa Keuangan mengingat kondisi ini berlangsung hampir 18 tahun. Untuk itu pihaknya kini membentuk tim penagihan yang diketuai oleh Kadisdagprin bersama Kantor Perbendaharaan Kas dan Lelang Negara, KPKN serta BKD Buleleng. Para nasabah yang masih tercatat menunggak pinjaman bergulir itu didatangi oleh tim tersebut.

Kadis Dagprin Ketut Suparto mengakui jika tidak sedikit nasabah yang mengaku lupa akan pinjamna mereka yang sudah belasan tahun tanpa didasari dengan bukti yang kuat. Jika dalam batas waktu nasabah tidak menunjukkan bukti pelunasan maka mereka diminta untuk mencicil kembali tunggakan pinjaman. “Jadi untuk dana bergulir untuk UKM digulirkan sejak 2001 sampai 2008. Dari kurun waktu tersebut besaran dananya 650 juta dan setelah dievaluasi pada tahun 2011 ternyata masih ada tunggakan 477 juta. UKM yang menggunakan ada 200 orang. Ini merupakan peringatan dari BPK bahwa kenapa tidak ada pencicilannya “,tuturnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.