Home Artikel Kesehatan Proses Terjadinya Serangan Jantung

Proses Terjadinya Serangan Jantung

Penyakit jantung koroner berkaitan erat dengan pembuluh darah kecil yang menghidupi jantung yang disebut Pembuluh Darah Koroner. Dalam keadaan biasa, pembuluh darah akan sangat lentur dan tidak mudah tersumbat.

2380
0
SHARE
PROSES PENYAKIT JANTUNG
Image by healthinnation.com

Bagaimana proses terjadinya serangan jantung?

 
Penyakit jantung koroner berkaitan erat dengan pembuluh darah kecil yang menghidupi jantung yang disebut Pembuluh Darah Koroner. Dalam keadaan biasa, pembuluh darah akan sangat lentur dan tidak mudah tersumbat. Namun ketika darah merasa terlalu jenuh dengan lemak atau gula, makapembuluh darah ini bisa terluka. 
 
Luka pada pembuluh darah ini nantinya akan segera ditutup oleh benda yang kita namakan sebagi “Plak”. Jika luka plak ini semakin banyak dan membesar, maka aliran darah ke sel-sel otot jantung akan semakin berkurang. Pada saat inilah di dada akan terasa agak nyeri meski tidak terlalu hebat.
 
Sebenarnya plak tersebut tidak menempel secara kencang sehingga suatu saat mudah copot atau lepas dari dinding pembuluh darah. Tetapi, pada saat terlepas itu lah plak mengundang sel-sel dalam darah untuk membentuk sumbatan yang lebih besar. Akibatnya darah tidak mencapai otot-otot jantung yang dituju sehingga otot jantung tersebut akan lemas bahkan kemudian mati
 
Image by ks.uiuc.edu

Dalam kondisi ini nyeri dada yang hebat baru akan dirasakan oleh tubuh. Bahkan terkadang nyeri tersebut disertai dengan keluarnya keringat dingin sekaligus seperti tercekik. Kondisi inilah yang umum dikatakan sebagai srangan Jantung.

Sebetulnya tidak semua nyeri dada yang di alami harus di khawatirkan. Meski demikian, untuk tetap menjaga kewaspadaan, tidak ada salahnya jika memeriksakan diri ke dokter setiap kali merasakan nyeri di dada. Nyeri dada yang berpotensi mengarah ke serangan jantung adalah nyeri dada yang terasa seperti tertindih beban yang berat.

Gejala penyakit atau serangan jantung sendiri sebenarnya bervariasi, namun nyeri di dada seperti sebuah kondisi yang umum berdasarkan jumlah kasus yang terjadi. Rasa nyeri pada dada ini sering digambarkan dengan rasa yang penuh atau tertindih di dada, yang dapat menjalar ke lengan kiri dan rang kiri. Rasa nyeri tersebut juga  terkadang disertai dengan gejala seperti mual, keringat dingin, pusing dan bahkan muntah. Beberapa gejala fisik dari penyakit atau serangan jantung lainnya tidak bisa dikenali secara spesifik.

Pada orang yang mengalami kencing manis misalnya, seringkali serangan jantung ditandai dengan rasa sesak nafas yang biasa saja. Bila mengalami gejala-gejala seperti diatas, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar jantung bisa diselamatkan, sebab jika tidak, maka kematian otot jantung akan semakin meluas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.