Home Buleleng Round Up Proses Dummy Surat Suara Pileg Pemilu 2019 Tuntas

Proses Dummy Surat Suara Pileg Pemilu 2019 Tuntas

24
0
SHARE

Kaliuntu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng telah menuntaskan proses desigan dummy atau rancangan surat suara pemilihan legeslatif Pemilu 2019 untuk Kabupaten Buleleng.

Surat suara untuk memilih anggota DPRD Kabupaten telah tuntas dirancang KPU Kabupaten Buleleng, dimana dalam surat suara yang diperkirakan sebesar surat kabar itu tidak berisi photo para caleg dan hanya memuat gambar partai politik dan nomor urutnya serta nomor urut dan nama para caleg.

Komisioner KPU Buleleng Gede Sutrawan, Kamis siang mengatakan, proses pembuatan dummy atau rancangan surat suara itu telah dilakukan sejak pertengahan bulan nopember lalu dan dilanjutkan dengan validasi termasuk menyesuaikan nama-nama para caleg berdasarkan partai politik.

Komisioner KPU Buleleng Sutrawan mengatakan, pembuatan dummy yang dilakukan merupakan rancangan atau design awal surat suara yang bersumber dari data pada sistem informasi pencalonan. “Saat ini dummy sudah disetujui dan nanti kita akan melakukan pencermatan dengan partai politik. Kalau ada perbaikan akan ada waktu sampai tanggal 12 desember”,ungkapnya.

Setelah tuntas membuat dummy untuk surat suara pileg Pemilu 2019, khususnya pada tingkat Kabupaten, dummy tersebut akan dikirimkan ke KPU RI untuk masuk dalam proses percetakan, bahkan nantinya pada pelaksanaan Pemilu 2019 nanti para pemilih akan mendapatkan 5 surat suara diantaranya memilih DPD-RI, DPRD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten termasuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam pelaksanaan pemilihan nanti pada bilik suara, hanya surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berukuran kecil, semantara untuk surat suara DPD-RI, DPRD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dipastikan akan menyerupai ukuran surat kabar dan tentunya hal itu akan memerlukan waktu dalam proses pencoblosan sehingga KPU Buleleng akan melakukan sosialisasi secara bertahap.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.