Home Buleleng Round Up Program Penataan Perkotaan, Warga Keruk Material Sedimen Kali Mumbul

Program Penataan Perkotaan, Warga Keruk Material Sedimen Kali Mumbul

13
0
SHARE

Kampung Anyar, Secara bergotong royong warga di 4 kelurahan melakukan pengerukan sedimen di kali mumbul sebagai bagian dari program penataan kawasan perkotaan yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Buleleng.

Pengerukan sedimen kali mumbul dilakukan warga kelurahan Kaliuntu,  Kampung Kajanan,  Kampung Bugis dan Kampung Anyar menggunakan alat berupa sekop dan cangkul serta diangkut menggunakan gerobak pasir menuju ke titik angkut. Pengerukan sedimen sedalam 30-40 sentimeter dilakukan untuk menata kota khususnya dikawasan permukiman padat penduduk serta mengantisipasi terjadinya banjir yang sering terjadi diwilayah setempat.

Ditemui disela-sela kegiatan Camat Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara menyebut, program kali bersih merupakan sinergi antara pemerintah kecamatan serta kelurahan. Meskipun belum sepenuhnya masyarakat sadar akan menjaga kebersihan, edukasi akan tetap diberikan terutama kepada masyarakat yang tinggal dibantaran kali sehingga bersama-sama dapat menjaga kebersihan. “Namanya di masyarakat banyak pandangan yang skeptis, itu butuh pencerahan dan edukasi karena kita harus optimis untuk menjaga lingkungan. Bagaimanapun juga butuh gerakan bersama. Dengan pemberdayaan yang ada di dana kelurahan, kita akan optimalisasi untuk memberikan edukasi supaya mengikuti aturan yang ada. Dan kita juga carikan solusi untuk mengelola sampah rumah tangga,”terangnya.

Lurah Kampung Anyar Putu Wijana mengaku pengerukan sedimen dilakukan secara swadaya menggunakan dana kelurahan. Dengan anggaran kelurahan tahun 2019 sebesar 40 juta rupiah, masyarakat setempat yang tidak memiliki pekerjaan diberdayakan untuk melakukan pengerukan dengan upah 80ribu perhari selama 20 hari. “Jadi peralatannya semua kita yang tanggung, dan 40juta itu sudah ada targetnya. Setelah ini kita akan memberikan pembinaan tentang persampahan, terutama kebersihan dilingkungan ini, sehingga warga tidak membuang sampah lagi dilingkungan kali mumbul ini,”ujarnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.