Home Buleleng Round Up Program BISA Kemenparekraf Sasar Desa Wanagiri

Program BISA Kemenparekraf Sasar Desa Wanagiri

45
0
SHARE

Wanagiri, Kemenparekraf RI kembali menggelontorkan program BISA yang kali ini menyasar Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI kembali melaksanakan program Gerakan BISA (bersih, indah, sehat dan aman) dikabupaten Buleleng untuk kali ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan dikawasan Pemuteran dan Kawasan Pantai Lovina, pada kesempatan ketiga Gerakan BISA menyasar Desa Wisata Wanagiri, di Kecamatan Sukasada.

Bertempat di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Air Terjun Banyumala, Minggu 18 Oktober 2020, Kegiatan Gerakan BISA dari Kemenparekraf dibuka secara langsung oleh Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf RI, Hendry Noviardi dengan melibatkan kurang lebih 100 orang pelaku pariwisata yang terdampak Covid-19 yang ada dikawasan Desa Wisata Wanagiri.

Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf RI, Hendry Noviardi, ditemui disela-sela kegiatan mengungkapkan, tujuan dari kegiatan BISA ini untuk mempersiapkan destinasi pasca mewabahnya covid-19, karena para wisatawan akan berkunjung ketika dirinya sudah merasa nyaman saat mengunjungi destinasi wisata dan pihaknya memilih Desa Wanagiri karena kunjungan wisata terbilang cukup tinggi yang didominasi wisatawan mancanegara. “Dari kegiatan ini sebenarnya arahnya keadaptasi kebiasaan baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena pola kunjungan wisatawan sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, sekarang wisatawan akan berkunjung jika mereka sudah merasa nyaman dan aman, makanya destinasi yang akan dibuka kita arahkan untuk menerapkan protokol kesehatan itu destinasi yang Bersih, Indah, Sehat, Aman,”ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Made Sudama Diana, S.Sos., MM mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi dari kegiatan ini dimana secara umum tujuan dari kegiatan ini untuk mempersiapkan destinasi wisata nyaman untuk dikunjungi oleh para wisatawan. “BISA yaitu adalah program untuk bersih-bersih dalam arti luas, ada unsur keindahannya, ada rasa aman untuk dikunjungi kedepan dan itu yang menjadi goal  dari program ini sehi9ngga wisatawan yang akan datang dengan program ini mereka tidak akan ragu lagi untuk mendatangi salah satu destinasi yang ada di Buleleng,”pungkasnya.

Sementara itu Perbekel Desa Wanagiri Made Suparanton merasa sangat bersyukur program dari Kemenparekraf bisa dilaksanakan di Desa Wanagiri dan berharap kedepan kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai disini karena Desa Wanagiri masih memerlukan perhatian dalam upaya membangun pariwisata kedepan. “Tentunya kegiatan ini memberikan inovasi, dorongan-dorongan semangat yang mana juga sempat disampaikan oleh Dinas Pariwisata baik Kementrian dan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dan juga sudah memberikan berbagai alat dan support untuk menyambut para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Wanagiri, tentunya kami selaku perbekel Desa Wanagiri mengucapkan banyak-banyak terimakasih,”ungkapnya.(eta/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.