Home Buleleng Round Up Pramuka Buleleng Fokuskan Penguatan Di Kwartir Ranting dan Satuan Karya Pramuka

Pramuka Buleleng Fokuskan Penguatan Di Kwartir Ranting dan Satuan Karya Pramuka

82
0
SHARE

Kampung Kajanan, Kwartir Ranting (Kwaran) dan Satuan Karya Pramuka (Saka) menjadi focus penguatan pengembangan kepramukaan di Kwarcab Buleleng sebagai ujung tombak pembinaan pramuka ditahun 2019, sehingga program kegiatan dan pola pembinaan lebih banyak dilakukan masing-masing Kwaran dan Saka.

Sejumlah program strategis dalam upaya pembinaan kepramukaan di Buleleng melalui penguatan Kwartir Ranting (Kwaran) dan Satuan Karya Pramuka (Saka) dihasilkan melalui pelaksanaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng tahun 2019 yang berlangsung Rabu (10/7/2019) di Gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP., usai membuka pelaksanaan Rakercab mengungkapkan, penguatan program kepramukaan pada tingkat Kwartir Ranting dan Satuan Karya Pramuka menjadi hal yang khusus didalam program kerja tahun 2019 – 2020, sebab melalui ranting ke gugus depan dan kesakaan merupakan ujung tombak pembinaan pramuka dalam upaya pembentukan karakter generasi muda.

Kakwarcab Buleleng yang juga Sekda Pemkab Buleleng mengatakan, selain memfokuskan kegiatan kepramukaan di masing-masing Kwaran dan Saka, beberapa rancangan program pembinaan pramuka juga dihasilkan dalam pelaksanaan rakercab yang dilakukan pembahasan secara detail. “Bagaimana kita lebih detail lagi dengan rencana yang sudah kita susun bersama dengan  baik. Gerakan pramuka ini sudah diaudit oleh akuntan yang independen semua harus kita cerminkan dalam pelaksanaan program 2019 yang matang dan yang terpenting pertanggungjawabannya kedepan,”ujarnya.

Dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng sebagai wahana evaluasi kegiatan tahun 2018 dan menyusun rencana kerja 2019 – 2020 dengan melibatkan pengurus, andalan cabang, dewan kerja cabang (DKC) serta utusan dari kwartir ranting dengan mengusung tema, melalui Rakercab Kita Wujudkan Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Utama Pembentukan Kader Pemimpin Bangsa.(tha/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.