Home Buleleng Round Up Pramuka Buleleng Distribusikan Paket Bahan Pangan Covid 19

Pramuka Buleleng Distribusikan Paket Bahan Pangan Covid 19

60
0
SHARE

Banjar Bali, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng melalui Satuan Tugas Pramuka Peduli mulai melakukan distribusi paket bahan pangan berkaitan dengan penanganan dan pencegahan pandemic Covid 19 di Buleleng.

Puluhan paket bahan pangan yang secara bertahap dikumpulkan Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwarcab Buleleng melalui aksi Bumbung Kemanusiaan, Senin 1 Juni 2020 bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila mulai dilakukan pendistribusian secara bertahap dengan menyasar masyarakat tercecer yang belum mendapatkan bantuan di seputaran Gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja dan Pramuka Werdha.

Distribusi dan penyerahan bahan pangan Aksi Bumbung Kemanusiaan di komando langsung Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, SH., yang juga dirangkaikan dengan peresmian Pos Koordinasi Lapangan Pramuka Peduli Kwarcab Buleleng dan peluncuran Program Cuci Tangan mengunakan sabun berhadiah.

Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Buleleng, Ketut Susila Widiarsana mengatakan, sejumlah program kegiatan berkaitan dengan penanganan dan pencegahan pandemi Covid 19 dilakukan Pramuka Peduli Buleleng secara bertahap termasuk melakukan penggalangan bahan pangan untuk masyarakat dan pramuka.”Di Satuan tugas pramuka peduli ada beberapa kegiatan antara lain edukasi PHBS, penyemprotan desinfektan, pembagian masker, dan bumbung kemanusiaan,”ungkapnya.

Ka Kwarcab Buleleng Dewa Puspaka memberikan apresiasi dengan dilakukan aksi Bumbung Kemanusiaan dimana sejalan dengan program yang dilakukan pramuka didalam membentuk nilai-nilai karakter, utamanya berkaitan dengan kepedulian berkaitan dengan aksi-aksi kemanusian.”Justru di era reformasi gerakan pramuka memang kita akan terus menumbuhkan rasa kepedulian ini, utamanya rasa kemanusiaan. Keterlibatan dalam masalah-masalah kemanusiaan pramuka pasti dalam garda terdepan,”jelasnya.

Dewa Puspaka yang mantan Sekda Buleleng menegaskan, pandemic Covid 19 harus disikapi dengan disiplin secara individu dengan melakukan protocol kesehatan yang telah ditetapkan, sehingga dapat menghindari penyebaran virus.”Tugas kita adalah menghindari covid-19. Sudah ada konsepnya. Kita jabarkan dengan konkrit konsep new normal adalah menerapkan protokol penghindaran covid-19. Jadi semua kegiatan bisa dijalankan namun protokol kesehatan harus dipegang dengan teguh,”bebernya.

Pada tahap kedua penyerahan bahan pangan Aksi Bumbung Kemanusiaan membagikan sebanyak 65 paket bahan pangan, bahkan setelah menyerahkan bantuan di Gedung Pramuka Kumarasthana kepada masyarakat Kelurahan Kampung Kajanan, paket bahan pangan juga diserahkan langsung kepada pramuka werdha secara langsung menyasar ke rumah masing-masing di sembilan kecamatan di Buleleng.(tha/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.