Home Buleleng Round Up PHDI Garda Terdepan Selesaikan Persoalan Umat

PHDI Garda Terdepan Selesaikan Persoalan Umat

461
0
SHARE
Berita Buleleng Terbaru, Berita Buleleng Hari Ini

PHDI diharapkan menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan persoalan umat di Buleleng.

Harapan itu dispaikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana pada HUT PHDI Buleleng ke 58 di wantilan Pura Agung jagatnatha Singaraja Kamis (23/02/2017) siang. Dipaparkan ketika berbicara masalah agama tak lepas dari budaya dan hal hal yang bersifat sakral. Kegiatan PHDI selama ini telah membantu dalam mengumandangkan hal hal yang konstruktif dalam bersama membangun situasi kondusif di Buleleng. Bupati Suradnyana  tidak ingin agama  hindu dibawa ke kanan-kanan an atau ke kiri- kirian yang berdampak tidak positif pada umat. Pass demikian sapaan akrab Bupati Agus Suradnyana tetap berharap PHDI ajeg akan ajaran- ajaran yang telah digariskan dalam kitab suci tanpa mengabaikan budaya yang ada. Sebagai bupati yang melaksanakan dharma negara Pass mengaku akan selalu mengupayakan bantuan kepada lembaga umat tanpa mengikuti  aturan- aturan yang ada. Pass mengajak PHDI untuk bersama sama mengakhiri fenomena pengkultusan soroh yang terjadi belakangan ini.

Sementara itu Ketua PHDI Buleleng Dewa Nyoman Suardana dalam laporannya mengatakan kegiatan peringatan hari lahirnya PHDI digelar untuk pertama kalinya setelah 58 tahun berdirinya PHDI. Adapun tema yang diangkat dalam acara kali ini adalah Melalui pemberian penghargaan PHDI Adhi Nugraha, KitaLestarikan nilai nilai agama dan Budaya Hindu demi terwujudnya Ajeg Bali.

PHDI Bali diwakili oleh Dr. Gede Made Metera,M.Si dalam sambutannya mengatakan Buleleng selalu menjadi pelopor dalam setiap perubahan. Pemberian penghargaan inipun merupakan yang paling pertama dilakukan di Bali. Pada tahun 1920 sudah ada dua kelompok pemikir yakni Surya Kanta dan Bali Adnyana, Sekolah berbasis Hindu, Tri Sandya menggunakan pengeras suara, mendidik para tukang banten. Kepada penerima penghargaan, PHDI Bali berharap agar selalu membantu PHDI dalam mengajegkan Hindu dan Budaya Bali.

Adapun penerima PHDI Adhi Nugraha diantaranya bidang agama Ida Pedanda Gede Dwipa Sandhi, Made Dibia,BA, Drs. Putu Wilasa; Bidang Adat Made Rimbawa,BA; Dari Budayawan; Gede Marayana, Dewa Ketut Jareken , Gede Karsa( alm)Dari Akademisi; Dr.Drs Gede Made Metera,M.Si Dari Lembaga;SMA Negeri 4 Sgr; Pasraman Pinandita; Brahma Vidya Samgraha; Media; Radio Guntur, RRI Singaraja, Singaraja FM. (wir/ea)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.