Home Buleleng Round Up Peserta KPN 2018 Buleleng Dilepas Sekda Buleleng

Peserta KPN 2018 Buleleng Dilepas Sekda Buleleng

56
0
SHARE

Paket Agung, Peserta Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng sebanyak 15 pramuka anggota dewasa dilepas secara resmi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng.

Sebanyak 15 anggota pramuka dewasa yang terdiri dari Pembina, Pelatih dan Andalan di Kwarcab Buleleng, Jumat pagi dilepas secara resmi Sekda Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng untuk mengikuti kegiatan KPN 2018 di Desa Lebakharjo, Malang-Jawa Timur.

Kegiatan Karang Pamitran Nasional (KPN) merupakan kegiatan pertemuan besar pembina pramuka se Indonesia. KPN diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan mutu pembina pramuka melalui kegiatan saling tukar pengalaman membina di gugus depan masing-masing dari seluruh Indonesia. Dengan demikian, saling tukar pengalaman membina dengan pola dan metode antardaerah akan memperkaya khasanah pembinaan kepramukaan dalam bingkai bhinneka tunggal ika. Sehingga, pramuka memiliki rasa kebangsaan yang tinggi karena menerima keragaman budaya, suku, ras, dan agama.

Sekda Buleleng Dewa Puspaka mengatakan, kegiatan KPN 2018 itu meruipakan kegiatan yang strategis sehingga dapat dijadikan ajang bertukar pikiran, ilmu pengetahuan serta pengalaman dalam membina pramuka menjadi lebih baik.  “Sesuai dengan penugasan Kwarda bahwa Kwarcab Buleleng sudah menyiapkan 15 pembina yang akan mengikuti karang pamitran di malang. Dimana nanti diharapkan untuk saling berinteraksi antar jajaran Pembina pramuka Indonesia untuk saling bertukar informasi”,ujarnya.

Karang Pemitran Nasional merupakan wahana bagi para pembina pramuka, yaitu pembina satuan karya pramuka dan pamong saka, pembina pramuka berkebutuhan khusus, pembina pramuka golongan penggalang dan pembina golongan penegak.

Menurut rencana kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 12-19 Agustus 2018, dan Buleleng yang masuk dalam Kontingen Kwarda Bali secara total melibatkan 105 orang peserta dari 9 kwartir cabang se-Bali dengan mengikuti berbagai macam kegiatan seperti karnaval budaya, pentas seni, festival kuliner dan pameran hasil kerajinan daerah.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.