Home Buleleng Round Up Peringati Hari Lingkungan Hidup, GenBI Lepas Tukik

Peringati Hari Lingkungan Hidup, GenBI Lepas Tukik

110
0
SHARE

Baktiseraga, Untuk memperingati hari lingkungan hidup, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Undiksha menggelar pelepasan tukik di pantai penimbangan desa Baktiseraga.

GenBI Komisariat Undiksha kembali menggelar aksi peduli lingkungan. Kali ini aksi yang dilakukan adalah pelepasan tukik bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada Rabu (05/06). Anggota GenBI yang merupakan mahasiswa semester 4 dan 6 Undiksha berkumpul di depan sekretariat kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) penimbangan lestari untuk melakukan persembahyangan sebelum memulai kegiatan. Didampingi ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari, anggota KUB Sari Segara dan Perwakilan dari Sat Pol Air Polres Buleleng, Pembina GenBI, Ketua GenBI, dan  Anggota GenBI Komisariat Undiksha, melepas sebanyak 52 tukik kelautan bebas.

Usai pelepasan tukik Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari Gede Wiadnyana mengucapkan terimakasih atas kepedulian GenBI terhadap lingkungan.  Gede Wiadnyana menjelaskan tukik didapatkan dari belasan penyu yang bertelur di kawasan pantai penimbangan. Jumlah telur penyu yang ada di balai konservasi penyu pantai penimbangan kurang lebih sebanyak 1.400 butir. ”Untuk itu kita mengajak teman-teman terutama mahasiswa untuk ikutlah peduli dengan lingkungan, pada biota laut dilindungi seperti tukik ini. Kalau ada waktu ikutlah mengawasi penyu yang naik pada bulan ini untuk bertelur. Karena kalau tidak dijaga telurnya bisa diambil orang atau digali anjing,”terangnya.

Ketua GenBI Komisariat Undiksha Kadek Martini mengungkapkan pelepasan tukik merupakan salah satu kegiatan dari program kerja yang dimiliki GenBI Komisariat Undiksha,  kegiatan ini ditujukan agar anggota GenBI ikut berpartisipasi dalam pelestarian penyu yang hampir punah.  Kedepan bukan hanya pelepasan tukik,  namun anggota GenBI rencananya akan berpartisipasi dalam pengawasan penyu yang bertelur di kawasan pantai penimbangan. ”Kita juga tahu bagaimana di penangkaran, segi perawatan, sampai pelepasannya. Kita bisa tahu ternyata banyak bahaya yang dialami tukik ini jadi perlu kita selamatkan dan kita peduli agar selamat sampai laut. Kita sedang bersinergi dengan HMJ Kelautan Undiksha dan pihak konservasi disini bahwa kita akan ikut serta baik dalam perawatan, patroli penyunya, dalam pengambilan telur sampai pelepasan tukiknya. Jadi kita konsisten untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan di konservasi ini,”ujarnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.