Home Buleleng Round Up Pembayaran Listrik PJU Tinggi, PUTR Upayakan Penggunaan Panel Surya

Pembayaran Listrik PJU Tinggi, PUTR Upayakan Penggunaan Panel Surya

47
0
SHARE

Kaliuntu, Tingginya anggaran yang dikeluarakn untuk operasional Penerangan Jalan Umum (PJU) membuat dinas Pekerjan Umum dan Tata Ruang Buleleng (PUTR) Buleleng berupaya untuk mencarikan solusi dengan menggunakan panel tenaga surya.

Seiring bertambahnya permintaan masyarakat untuk pengadaan lampu penerangan jalan, membuat anggaran yang dikeluarkan Dinas PUTR Buleleng  untuk operasional utamanya pembayaran listrik juga mengalami peningkatan hingga mencapai angka satu miliar lebih dalam sebulan seperti yang diungkapkan Kepala Dinas PUTR Buleleng I Putu Adiptha Ekaputra, saat dikonfirmasi diruang kerjanya. “Saya setiap hari memerima surat desa A meminta lampu 30 biji sampai 40 biji, jadi jalanya sudah bagus ada kenyamanan dijalan lampunya agar terang,”ungkapnya.

Kadis Adiptha menambahkan, menyikapi permasalahan tersebut kedepan pihaknya akan mencoba mencarikan alternatif lain dengan menerapkan teknologi panel surya sehingga mampu menghemat anggaran yang dikeluarkan dan bisa dialihkan untuk operasional lainnya. “Kedepan kita akan coba sel surya karena kita wilayah tropis dan bisa menghemat biaya,”ujarnya.

Disinggung terkait rencana pengelolaan PJU kedepan, Kadis Adiptha menjelaskan, sesuai regulasi dari pusat, di tahun 2021 seluruh pengelolaan penerangan jalan umum akan menjadi kewenangan dari Dinas Perhubungan dan tinggal menunggu SK Bupati untuk serah terima. “Ada perubahan regulasi yang awalnya kami di PU yang menangani akan pindah ke Dinas Perhubungan mulai dari Januari 2021 ini namun menunggu SK dari Bupati dulu,”tutupnya.(eta/dpa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.