Home Buleleng Round Up Pelantikan Kelian Desa Adat Pakraman Buleleng 2018-2023

Pelantikan Kelian Desa Adat Pakraman Buleleng 2018-2023

303
0
SHARE

Delod Peken, Kelian desa adat Pakraman Buleleng Ir. Nyoman Sutrisna,MM Sabtu (10/02/2018) dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Majelis Alit Desa Pakraman Kecamatan Buleleng.

Ceremonial pengukuhan dan pelantikan diawali dengan upacara mejaya-jaya dikuti oleh pengurus baru desa adat Pakraman Buleleng di Pura desa Adat Pakraman Buleleng. Upacara dipimpin Jro mangku Kahyangan tiga desa adat Pakraman Buleleng. Usai upacara mejaya-jaya selanjutnya pengukuhan dan pelantikan dilaksanakan di Sekretariat desa adat Pakraman Buleeng Jalan Veteran nomor 2 Singaraja.

Pengukuhan dan pelantikan desa adat pakraman Buleelng diawali dengan pembacaan Surat keputusan oleh Ketua Majelis Alit Desa Pakraman Kecamatan Buleleng Ketut Sutanadengan surat  bernomor 002/SK/MADP-BLL/II?2018 tentang pengesahan Kelian dan prajuru Desa Adat Pakraman Buleleng Kecamatan Buleleng masa bakti 2018-2023.

Dalam sambutannya Ketua MADP Kecamatan Buleleng Ketut Sutana mengatakan jabatan slaku kelian desa adat merupakan kepercayaan dari masyarakat. Namun demikian Sutana mengumpamakan jabatan kelian desa adat ibarat Negen bebek Muani (Memikul bebek jantan-red) bekerja tanpa hasil. Apalagi ditengah arus globalisasi saat ini, seorang kelian adat dituntut untuk bisa mengendalikan masyarakatnya untuk tetap mempertahankan budaya bali.”Saya brharap agar seluruh masyarakat membantu kelian desa adat mengingat tiada keberhasilan kelian tanpa didukung oelh masyarakatnya,”pintanya

Kelian desa adat Pakraman Buleleng terpilih saat mejaya-jaya di Pura desa adat Pakraman BUleleng

Ditempat yang sama Camat Buleleng Dewa Made Ardika mengaku yakin akan kepimpinan kelian desa adat Buleleng saat ini, mengingat yang bersangkutan terpilih untuk ketiga kalinya. Diingatkan bahwa tugas berat telah emnanti untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan desa Pakraman. ” Apalagi Desa Pakraman Buleleng memiliki 14 banjar adat dan hidup dalam lingkungan yang heterogen di perkotaan. Dalam pilgub bali mendatang saya berharap kelian desa adat k bersama-sama menajga kondusifitas desa adat Buleleng khususnya dan kabpaten Buleleng pada umumnya,”harapnya

Kelian desa adat Pakraman Buleleng Nyoman Sutrisna menjelaskan program kedepan diantaranya memberdayakan krama diantaranya melalui pelatihan-pelatihan kepada steak holder terkait seperti pecalang, sarati dan sbagainya. Selain itu perbaikan Pura kahyangan tiga, setra adat di desa Pakraman Buelelng serta bantuan kepada banjar-banjar adat akan terus diupayakan. Desa adat Buleleng juga akan berupaya melakukan terobosan melalui kerjasama dengan pihak ketiga sehingga bisa mendongkrak sumber pendanaan desa adat Buleleng.

Foro Bersama usai pelantikan

Sementara itu ketua panitia pengukuhan dan pelantikan kelian desa adat pakraman Buleleng  Made Wirtana menjelaskan pemilihan kelian desa adat Buleleng sesuai awig-awig Desa Pakraman Buleleng yang menyatakan kelian desa adat Buleleng dipilih dan berassal dari krama wed negak dengan masa bakti selama lima tahun dan dapat dipilih kembali. Kelian desa pakraman Buleleng Ir Nyoman Sutrisna,MM terpilih untuk yang ketiga kalinya dalam pemilihan krama Tridatu desa adat Pakraman Buleleng tanggal 1 Januari 2018 di Pura desa adat Pakraman Buleleng.

Hadir dalam pengukuhan dan pelantikan tersebut diantaranya Muspika Kecamatan Buleleng, PHDI Kecamatan Buleleng, para Lurah yang berloaksi di desa adat Pakraman Buleleng.(Wir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.