Home Buleleng Round Up Peduli Kesehatan Masyarakat Genbi Gelar Gentan

Peduli Kesehatan Masyarakat Genbi Gelar Gentan

96
0
SHARE

Banjar Jawa, Generasi Baru Indonesia (Genbi) Bali komisariat Undiksha menggelar program Generasi Tanggap Kesehatan (Gentan) sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

Generasi Baru Indonesia (Genbi) merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari Bank Indonesia. Genbi Bali komisariat Undiksha menggelar program Gentan seperti donor darah, sosialisasi penyakit diabetes melitus serta cek kadar gula darah gratis sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat Buleleng. Bertempat di Taman Kota Singaraja Minggu (19/05),  program gentan juga diiringi dengan Genbi wirausaha yang menjual makanan sehat berupa salad buah dengan harga terjangkau.

Pembina Genbi Bali Hery Catur Wibowo mengaku  Genbi Bali dibentuk untuk meningkatkan kualitas mahasiswa supaya siap untuk berkontribusi dalam pembangunan di daerahnya masing-masing. Selain itu pembinaan terus dilakukan terkait program-program yang telah dicanangkan Genbi. Dari program tersebut nantinya Genbi akan memiliki pengalaman baru yang dapat berguna setelah mereka lulus kuliah. “Mereka sering mengikuti kegiatan yang melibatkan stakeholder penting Bank Indonesia baik dari DPR RI atau OPD Kabupaten maupun provinsi sehingga harapanya teman-teman mendapatkan satu kesempatan juga untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dari teman-teman lainnya. Apabila ada yang berminat di sektor perbankan yang melibatkan sektor Bank Indonesia dia sudah memiliki informasi supaya lebih siap di dunia kerja,”ungkapnya.

Ketua Genbi Bali Komisariat Undiksha Kadek Martini  mengatakan selain gentan, Genbi Bali juga memiliki beberapa program di bidang pendidikan, sosial budaya,  dan pelestarian lingkungan. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di Buleleng. Mahasiswa Undiksha prodi Manajemen semester 6 itu menambahkan program gentan rutin digelar selama 6 bulan sekali.  Sosialisasi penyakit diabetes melitus dilakukan agar masyarakat tahu dan sadar akan pentingnya menjaga pola makan dengan teratur. “Diabetes melitus merupakan penyakit yang banyak diderita khususnya di Buleleng jadi kami ingin memberikan solusi bagaimana cara mencegah, Kalau dari genbi sendiri harapannya supaya bisa bermanfaat untuk masyarakat dan mengedukasi baik itu dari pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan dan yang paling penting bagaimana cara merawat diri sendiri dan bagaimana caranya respectr terhadap orang lain,”jelasnya.

Untuk diketahui Bank Indonesia memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Udayana di Provinsi Bali.  Pemberian beasiswa pendidikan tersebut terbatas sebanyak 50 kuota untuk masing-masing Perguruan tinggi. Mahasiswa harus melewati proses penyeleksian dengan ketat sebelum akhirnya mendapatkan beasiswa tersebut. Dari kegiatan donor darah Genbi bekerjasama dengan PMI Buleleng mengumpulkan total 35 kantong darah yang berasal dari masyarakat sebanyak 24 kantong dan anggota Genbi sebanyak 11 kantong darah.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.