Home Buleleng Round Up Paparkan Pentingnya Pendidikan Klinik, Undiksha Gelar Workshop

Paparkan Pentingnya Pendidikan Klinik, Undiksha Gelar Workshop

22
0
SHARE

Pemaron, Selain untuk memaparkan pentingnya pendidikan klinik dalam pendidikan dokter, workshop di gelar untuk mengajak dokter di lingkup RSUD bergabung menjadi tenaga pendidik.

Bertempat di Hotel Puri Saron Pemaron, Fakultas Kedokteran Undiksha Kamis(06/12) menggelar workshop perangkat pembelajaran dan peranan pendidik klinik dalam pendidikan dokter di fakultas kedokteran undiksha. Kegiatan dihadiri Dirut RSUD kabupaten buleleng, ketua IDI kabupaten buleleng,  dinas kesehatan kabupaten buleleng serta dokter umum dan spesialis di lingkup RSUD Buleleng. Kegiatan selnjutnya di buka langsung oleh dekan Fakultas Kedokteran yang sekaligus menjadi narasumber pertama dalam workshop tersebut. Dalam materinya ia menyampaikan bahwa dalam dunia kedokteran bukan hanya mentrasfer ilmu tapi juga mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung. Dengan lahirnya fakultas kedokteran membuat akreditasi sangat ketat.  Untuk itu perlu kerjasama yang baik antara undiksha dengan RSUD kabupaten Buleleng.

Di temui di sela-sela kegiatan, Ketua Panitia Workshop dr. Ni Nyoman Mestri Agustini, S.Ked., M.Kes, M. Biomed., Sp.N mengatakan workshop perangkat pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan pemaparan mengenai pendidikan klinik yang berperan dalam pendidikan di undiksha.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Undiksha Prof. Dr. M. Ahmad Djojosugito, dr.SpOT(K), MHA,MBA mengaku dengan adanya kerjasama antara undiksha dan RSUD kabupaten Buleleng, tenaga pendidik di fakultas kedokteran telah tercukupi. “Kita tidak membedakan tenaga pendidik di undiksha maupun tidak di undiksha. Semua hak dan kewajibannya sama. Yang di undiksha bisa menjadi guru besar begitu juga yang di RSUD”,ungkapnya.

Saat ini ada istilah dokter pendidik klinis dimana para dokter di rumah sakit daerah bisa menapak jenjang akademik serta melakukan penelitian disamping melakukan kewajibannya sebagai dokter.

Selain dekan fakultas kedokteran undiksha,  workshop juga di isi oleh bagian kepegawaian undiksha,  Dirut RSUD, Ketua IDI Kabupaten Buleleng dan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Bagian kepegawaian undiksha nantinya akan memaparkan peluang bekerja menjadi tenaga pendidik di undiksha. Di harapkan setelah workshop ini ada dokter yang ingin bergabung sebagai tenaga pengajar undiksha.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.