Home Buleleng Round Up Pancoran Desa, Desa Adat Buleleng Dipelaspas

Pancoran Desa, Desa Adat Buleleng Dipelaspas

71
0
SHARE

Paket Agung, Setelah melakukan restorasi sejak bulan Agustus lalu, Senin (19/10) pancoran desa, desa adat Buleleng dipelaspas.

Upacara dipimpin pemangku kahyangan tiga desa adat Buleleng dihadiri sejumlah undangan pimpinan SKPD terkait dilingkup Pemkab Buleleng. Tampak juga hadir anggota DPRD Bali asal Buleleng Gede Kusuma Putra. Kini pancoran desa dengan ornamen yang telah direstorasi tampak semakin asri ditambah sejumlah pot bunga bantuan dari Dinas Perkimta Buleleng yang menghiasi pancoran desa.

Pemelaspasan diawali dengan pecaruan dilanjutkan dengan nganteb, mepenorek bangunan, persembahyangan bersama, serta nunas tirta. Usai melaspas kelian desa adat Buleleng Nyoman Sutrisna menjelaskan pemelaspasan dilakukan setelah panitia melakukan restorasi terhadap bangunan pancoran desa. Seperti diketahui dokumen terakhir yang ditemukan berupa foto tahun 1917. ”Pancoran ini kita kelola dengan baik bekerja sama dengan Pokdarwis Lila Cita Ulangun, di dalam konteks kerja dengan Pokdarwis ini kita membuat tata kelola bagaimana melaksanaan dan pemelihaan bisa bermanfaat setiap hari dari segi daya tarik wisata,”ungkapnya.

Kelian desa adat Buleleng Nyoman Sutrisna menambahkan pasca pemelaspasan ini, pancoran desa akan dikelola oleh kelompok sadar wisata, Pokdarwis Lila Cita Ulangun desa adat Buleleng.”Rencana kami dengan Pokdarwis adalah menginvestasikan DTW yang ada di Kabupaten Buleleng, ini kita akan lakukan sekarang dan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Buleleng,”ujarnya

Dana restorasi pancoran desa berasal dari Bantuan Keuangan Khusus, BKK Propinsi Bali  yang selama ini difasilitasi oleh anggota DPRD propinsi Bali asal Buleleng Gede Kusuma Putra. Diakuinya bahwa sebagai anggota dewan ia wajib memfasilitasi kebutuhan masyarakat di kabupaten Buleleng kepada pemerintah propinsi Bali.”Tentu kedepan kalau ada yang dirasa kurang kami akan selalu siap untuk memfassilitasi dan mengupayakan apa yang dibutuhkan dan kedepan agar bisa terealisasi,”pungkasnya.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.