Home Artikel Kesehatan Ngeri, Gaya Hidup Ini Yang Dapat Membuatmu Terjangkit Kanker Serviks

Ngeri, Gaya Hidup Ini Yang Dapat Membuatmu Terjangkit Kanker Serviks

Walaupun dikatakan penyebab utama dari kanker serviks adalah pertumbuhan jenis tertentu dari virus HPV (Human Papilloma Virus), namun ada faktor lain terutama gaya hidup yang tidak baik yang dapat membawa risiko terjangkitnya kanker jenis ini.

629
0
SHARE
kanker serviks, gaya hidup,penyebab kanker serviks
Image from veherba.com

Walaupun dikatakan penyebab utama dari kanker serviks adalah pertumbuhan jenis tertentu dari virus HPV (Human Papilloma Virus), namun ada faktor lain terutama gaya hidup yang tidak baik yang dapat membawa risiko terjangkitnya kanker jenis ini.

Gaya hidup yang salah dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Hal ini meliputi gaya hidup sehari-hari hingga cara yang salah dalam memperlakukan organ reproduksi yang salah. Jika dari anda muda anda sudah tidak bijak dalam merawat organ reproduksi anda, maka resiko untuk terjangkit kanker serviks pada usia senja akan semakin besar.

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Nah, berikut ulasan mengenai beberapa gaya hidup yang salah yang dapat meningkatkan risiko dari kanker serviks, diantaranya:

  1. Melakukan hubungan seksual di bawah umur (di bawah usia 20 tahun)

Organ reproduksi yang yang belum matang pada usia ini dapat menjadi faktor penyebab kanker serviks. Jadi usia yang dianggap paling matang bagi seorang wanita dalam melakukan hubungan seksual adalah rentangan umur 20 sampai 35 tahun. Risiko akan lebih tinggi apabila seorang wanita telah mengandung ketika berusia di bawah 20 tahun.

  1. Bergonta-ganti pasangan seksual

Bergonta-ganti pasangan seksual dapat meningkatkan risiko terjangkitnya kanker serviks hingga 10 kali lipat, karena risiko terserang HPV lebih besar.

  1. Paritas yang tinggi

Seorang wanita memiliki paritas atau kelahiran yang paling optimal sebanyak tiga kali. Jika seorang ibu melahirkan lebih dari tiga kali maka risiko dari ibu tersebut untuk menderita kanker serviks lebih besar.

  1. Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang

Seorang wanita yang menggunakan oral kontrasepsi atau pil KB dalam jangka waktu yang panjang, misalnya lebih dari lima tahun, maka risiko bagi wanita tersebut untuk menderita kanker serviks 1, 53 kali lebih besar.

  1. Merokok

Mengapa merokok dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks? Menurut sebuah studi, hal ini dikarenakan nikotin dan zat-zat lain yang terkandung dalam rokok dapat menurunkan daya tahan dari serviks sehingga membuatnya lebih rentan terserang virus.

  1. Perawatan organ reproduksi yang salah

Perawatan organ reproduksi yang salah meliputi beberapa kebiasaan buruk seperti, kesalahan cara saat membersihkan vagina, dimana seharusnya dilakukan dari depan ke belakang dan penggunaan air yang tidak bersih untuk membersihkan vagina. Kemudian, memakai wc umum yag kotor, dimana WC umum yang kotor menyebabkan kita mungkin terkontaminasi virus HPV. Lalu, penggunaan pembalut yang berbahan dioksin dan seringnya wanita menyepelekan keputihan.

Nah, jadi itu dia gaya hidup tidak baik yang dapat meningkatkan risiko seorang wanita terjangkit kanker serviks. Dengan mengetahui info di atas, sebaiknya kamu menghindari gaya hidup seperti di atas demi kesehatan serviksmu!

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.