Home Buleleng Round Up MRMU Gelar Rakerda di Buleleng, Gagas Obyek Wisata Perjuangan

MRMU Gelar Rakerda di Buleleng, Gagas Obyek Wisata Perjuangan

125
0
SHARE

Singaraja, Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena (MRMU) menggagas keberadaan monumen sebagai salah satu obyek wisata perjuangan termasuk dalam mengelar Rapat Kerja Daerah di Buleleng, MRMU juga menyiapkan sejumlah agenda penting lainnya.

Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena (MRMU) mengelar kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pertama di Kabupaten Buleleng, bahkan ditengah pandemi covid-19 tersebut Rakerda dapat dilaksanakan Sabtu 16 Januari 2021 di Puri Kanginan Singaraja yang dilakukan dengan mengacu pada protokol kesehatan.

Dalam kegiatan yang berlangsung itu juga dihadiri sejumlah pengurus Korps Menwa Indonesia (KMI) Bali dan Buleleng termasuk sejumlah anggota Resimen Mahasiswa dari Kampus Universitas Udayana Denpasar dan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, bahkan dalam pembukaan Rakerda itu, Bagus Ngurah Rai sebagai tokoh berdirinya Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena memaparkan keberadaan MRMU di Bali.

Ketua Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena, Heldy Ardiansyah mengatakan, keberadaan MRMU di Bali merupakan wadah bagi para anggota Menwa yang masih aktif maupun para alumni untuk mencatat sejarah resimen mahasiswa di Indonesia dan bali secara khusus. “Pada prinsipnya berdirinya Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena sendiri lebih kepada bagaimana kita mengembangkan kapasitas SDM khususnya di Resimen Mahasiswa dan ini dibentuk sebagai bentuk kepedulian untuk mehargai sejarah itu sendiri,”ungkapnya.

Heldy Ardiansyah juga menegaskan, keberadaan Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena diharapkan akan mampu menjadi tempat kunjungan wisata perjuangan, sehingga berbagai upaya penyiapan saran pendukung akan terus dilakukan termasuk juga merancang sejumlah kegiatan bela negara. “Salah satunya dengan berdirinya Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena ini salah satu sebagai destinasi wisata perjuangan bela negara baru untuk generasi muda, nanti kedepan jika ada generasi muda yang hadir nanti kita akan sampaikan bagaimana itu Resimen Mahasiswa Ugracena,”ujarnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Puri Kanginan Singaraja juga diberikan penganugerahan lencana tiga perempat abad Monumen Perjuangan Bangsal yang diberikan kepada Penglingsir Puri Kanginan Anak Agung Ngurah Parwatha Pandji dan Pembina Menwa Jayasthamba Undiksha Singaraja, I Putu Gede Parma.

Pelaksanaan Rakerda MRMU yang membahas rancangan program serta rekomendasi tersebut diakhiri dengan pengesahan program kerja untuk menjadi program kerja yang dilaksanakan secara bertahap didalam upaya pembinaan bela negara untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan nasionalisme.(tha/dpa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.