Home Life Style Minum Air Dingin Saat Berolahraga, Apakah Lebih Baik Untuk Tubuh?

Minum Air Dingin Saat Berolahraga, Apakah Lebih Baik Untuk Tubuh?

Rumor mengatakan selama Anda meminum air dingin saat sedang melakukan olahraga, suhu pada tubuh menjadi tidak relevan. Akan tetapi, faktanya berbeda.

629
0
SHARE
olahraga-minum-air-dingin
Image by klikdokter.com

             Rumor mengatakan selama Anda meminum air dingin saat sedang melakukan olahraga, suhu pada tubuh menjadi tidak relevan. Sedangkan faktanya, hasil penelitian mengatakan jika air dingin mampu menjaga suhu inti tubuh Anda saat berolahraga tetap stabil dan dapat membuat Anda berolahraga lebih lama.

            Diungkapkan oleh beberapa penelitian, bahwa orang – orang meminum air dingin sebanyak 50% setiap harinya ketimbang meminum air biasa atau air hangat saat sedang berolahraga. Hasil yang didapat berupa berkurangnya dehidrasi yang dialami saat berolahraga. Hasil studi lain menunjukkan bahwa orang – orang yang berolahraga di dalam are yang memiliki panas dan kelembaban tinggi mengalami kenaikan suhu pada tubuh lebih lambat ketika mereka meminum air dingin daripada mengonsumsi air hangat. Olahraga seperti bersepeda, berjalan, mengangkat beban, atau lain yang dilakukan , dengan meminum air dingin Anda akan dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa kelelahan.

            “Biasanya ketika Anda merasa sangat panas dalam tubuh, Anda akan merasa lebih cepat merasa lelah di tubuh Anda.” Ungkap seorang spesialis gizi olahraga Brooke Schantz. “Dengan meminum air dingin dapat mencegah peningkatan suhu  secara signifkan pada tubuh Anda saat sedang berolahraga.” Tambahnya. Ahli gizi olahraga Nancy Clark, penulis buku “Nancy Clark Sports Nutrition Guide Book” mengungkapkan bahwa air dingin lebih menyegarkan dan mampu lebih baik dan berkhasiat mendinginkan suhu tubuh Anda.

            Namun, penting untuk dicamkan adalah sebuah keharusan untuk meminum air ketika sedang berolahraga terlepas suhu apa pun yang sedang Anda rasakan. “Tetap menjaga diri terhidrasi berarti Anda akan memiliki detak jantung yang rendah atau stabil dan juga suhu tubuh yang stabil pula. Anda tidak akan mengalami kelelahan dan akan menunjukkan performa yang lebih baik.” kata Schantz. Untuk memastikan diri Anda meminum air yang cukup untuk tubuh, Schantz menyarankan untuk meminum satu gelas besar air (sekitar 16 ons) beberapa jam sebelum Anda berolahraga dan satu gelas air (sekitar 8 ons) sekitar 15 hingga 20 menit sebelumnya. Saat berolahraga terutama dalam keadaan suhu yang panas,  terutama dalam keadaan suhu yang panas, beristirahatlah dengan meminum air  setidaknya selama 15 atau 20 menit.

            Menaruh botol minuman air Anda di kulkas atau freezer dapat membuat konsumsi air dingin lebih nyaman dan nikmat. “Beberapa pengendara sepeda mendinginkan botol air mineral mereka, sehingga saat berkendara air masih terasa dingin.” kata Clark.

            Jadi pada intinya jika Anda memiliki persiapan untuk mendinginkan minuman Anda itu akan bagus, tapi jika Anda tidak mampu mepersiapkannya, jangan dipikirkan. Ingat, suhu bukan masalah utamanya, yang menjadi prioritas adalah air yang Anda minum.

            Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.