Home Berita Komunitas Membangun Karakter Melalui Gerakan Pramuka

Membangun Karakter Melalui Gerakan Pramuka

1044
0
SHARE

Gerakan Pramuka sebagai salah satuh wadah pembinaan generasi muda diharapkan mampu membangun karakter generasi muda dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Singaraja, Gerakan Pramuka memiliki tanggug jawab besar untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada generasi muda saat ini ditengah ancaman dan maraknya penyalahgunaan narkoba, penyebaran HIV Aids maupun masalah korupsi. Hal tersebut diungkapkan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP. Sabtu (19/3/2016) usai membuka pelaksanaan Rapat Kerja Kwarcab Buleleng di Gedung Qumarasthana Pramuka Buleleng.

“Gerakan Pramuka di Indonesia itu harus mengacu kepada Undang-Undang 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, didalam substansi undang-undang tersebut itu ditekankan sekali bagaimana kita membangun karakter melalui Gerakan Pramuka, artinya apa, semua support anggaran maupun aktifitas harus mengarah pada pembangunan karakter” tegas Puspaka.

Kakwarcab Dewa Puspaka yang juga Sekda Buleleng menekankan pentingnya perlawanan yang dilakukan bersama dengan upaya kegiatan-kegiatan yang bertentangan dalam pembentukan karakter generasi muda.

“Outputnya pembangunan karakter berarti karakter dan jiwa dari Gerakan Pramuka itu harus betul-betul steril dari hal-hal yang memang bertentangan dengan hal-hal yang patutnya tidak terjadi, tidak boleh bertentangan seperti itu, salah satunya adalah bagaimana Gerakan Pramuka ini juga ditanamkan nilai-nilai yang justru berperang tidak saja terhadap narkoba, bagaimana juga ikut mencegah hiv aids, bagaimana juga pembelabjaran anti korupsi semua ditanamkan di nilai-nilai yang dibangun setiap karakter anggota pramuka,” papar Puspaka.

Untuk mewujudkan secara nyata langkah-langkah yang dilakukan, anggota pramuka di Kwarcab Buleleng harus terlibat langsung dalam upaya penanganan masalah yang sedang dihadapi saat ini, “Sekarang yang kita prioritaskan, ikut aktif berpartisisipasi memberantas gerakan-gerakan untuk menghambat mereka-mereka itu terlibat didalam proses narkoba dikalangan sekolah dikalangan masyarakat termasuk HIV Aids juga , ini mungkin kita berikan atau mengelar kegiatan semacam sosialisasi akbar,” ujar Kakwarcab Buleleng.

Sebagai langkah awal dalam merencanakan aksi nyata Pramuka Buleleng itu telah dirancang dalam pelaksanaan Rapat Kerja Kwarcab Buleleng yang menelurkan beberapa point kegiatan oleh peserta kegiatan dari Andalan Kwartir Cabang maupun Andalan di masing-masing Kwartir Ranting. (tha)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.