Home Artikel Kesehatan Memahami Lemak Yang Sebenarnya Merupakan Kolesterol

Memahami Lemak Yang Sebenarnya Merupakan Kolesterol

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh disamping zat gizi lainnya, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

945
0
SHARE
memahami tentang kolesterol
image by sharingselfimprovement.com
Selain itu, lemak juga merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energy, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk membentuk dinding sel-sel di dalam tubuh.
 
Bahan dasar kolesterol adalah minyak, sedangkan bahan dasar darah adalah air sehingga keduanya tidak dapat langsung begitu saja bercampur. Jika kolesterol dibuang begitu saja ke dalam aliran darah, maka kolesterol akan menggumpal dan menjadi tidak berguna. Untuk itu, tubuh mengemas kolesterol dan lemak lainnya menjadi partikel-partikel yang lebih kecil berlapis protein yang disebut dengan lipoprotein yang dapat dengan mudah dapat bercampur dengan darah. LIporpotein inilah yang berperan sebagai pembawa kolesterol dalam darah.
 
Kolesterol sebenarnya merupakan hasil dari metabolisme tubuh terhadap lemak yang kita makan. Kolesterol juga dibuat oleh tubuh sendiri diproduksi di organ hati, karena memang diperlukan untuk membentuk otak, membangun sel-sel, serta memproduksi empedu dan memungkinkan tubuh membentuk vitamin D serta hormone-hormon seperti estrogen pada perempuan dan testosterone pada laki-laki.
 
Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, dimana 80% dihasilkan dari dalam tubuh, yakni pada organ hati. Sedangkan 20% sisanya di dapat dari luar tubuh seperti makanan. Tubuh memiliki kemampuan untuk mengatur jumlah kolesterol dalam darah dengan memproduksinya lebih banyak ketika makanan tidak menyediakan kolesterol dalam jumlah yang cukup.
 
Perlu dipahami juga bahwa nyaris semua sel tubuh dapat membentuk kolesterol yang dibutuhkan. Namun, Hati sebagai sumber produksi kolesterol dalam tubuh yang sangat efisien karena mampu mendistribusikan sebagian besar kolesterol yang dibuatnya ke seluruh.
 
Jumlah kolesterol yang terlalu banyak akan menimbulkan masalah pada tubuh yang dalam istilah medis dikenal dengan nama Hiperkolesterolemia. Yang umum disebut masyarakat sebagai ‘penyakit kolesterol’. Penggunaan istilah ini kurang tepat dikarenakan hiperkolesterolemia bukan lah merupakan penyakit, melainkan merupakan sebuah kondisi. Dimana, jika hiperkolesterolemia ini tidak mendapatkan perhatian dan penanganan yang tepat, maka akan menjadi factor penyebab terjadinya penyakit jantung dan atau pun stroke
Semoga artikel ini bermanfaat
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.