Home Buleleng Round Up Masa Pandemi, Undiksha Tetap Berikan Pembekalan Karir Bagi Mahasiswa dan Alumni

Masa Pandemi, Undiksha Tetap Berikan Pembekalan Karir Bagi Mahasiswa dan Alumni

108
0
SHARE

Banyuasri, Membekali lulusan untuk siap bekerja setelah lulus, Undiksha memberikan pembekalan karir baik bagi alumni dan  mahasiswa yang akan lulus.

Undiksha melalui UPT PKKM tetap memberikan pembekalan daring bagi mahasiswa dan alumni meskipun sedang pandemi. Pembekalan karier tersebut dikemas dalam Talkshow secara daring bertempat di Lobby Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha. Talkshow dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Undiksha Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.Ti Sabtu 19 September 2020.

Dalam sambutannya, Rasben Dantes mengungkapkan di era revolusi 4.0 Undiksha dituntut tidak hanya mencetak lulusan yang berkualitas untuk masuk dalam dunia kerja, namun juga mencetakan lulusan yang kedepan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. “Undiksha berkeinginan mencipkatan lulusan yang tidak hanya berkompeten namun juga berkarakter, sehingga dalam beberapa kegiatan di sampaikan oleh rektor, seperti pelatihan yang diselenggarakan UPT PKKM, selain pengembangan karir juga membangun jiwa kewirausahaan pada lulusan. Jadi kita harap lulusan bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang berguna bagi orang lain,”ungkapnya.

Rasben menambahkan implementasi 4.0 juga telah diterapkan pada kurikulum Undiksha, sehingga mahasiswa bisa mengambil beberapa mata kuliah diluar program studinya. Hal ini dilakukan menyikapi revolusi yang membuat dunia kerja tidak bisa diprediksi. Disamping itu dunia kerja saat ini lebih mementingkan karakter daripada pengetahuan individu.”Tahun ini kurikulum kita adalah merdeka belajar, artinya selama 3 semester mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil perkuliahan diluar program studi mereka, baik di Undiksha atau di perguruan tinggi lain, atau mereka juga bisa pergi kedunia industri untuk menambah pengalaman,”imbuhnya.

Sementara itu, Narasumber Putu Novita Pujiantari, yang merupakan seorang Customer Service Profesional di salah satu Bank milik pemerintah cabang Singaraja mengatakan, point utama bagi lulusan baru dalam mencari pekerjaan adalah karakter dan komunikasi yang baik. Dimana karakter bisa dibentuk dari keluarga dan juga pertemanan yang positif.

Lebih lanjut Novita menjelaskan hal pertama yang harus dipersiapkan untuk mencari pekerjaan adalah mencari informasi tentang lowongan kerja. Di era digital, mencari informasi di internet sangat mudah dilakukan. Hal penting lainnya adalah membuat surat lamaran pekerjaan. CV yang ada di dalam surat lamaran merupakan hal yang paling sering dilihat bidang HRD suatu perusahaan. “cv itu adalah gambaran umum yang bisa menggambarkan diri. Bisa mempromosikan kemampuan dan potensi yang kita miliki kepada perusahaan,”ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut UPT PKKM Undiksha akan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan karir bagi mahasiswa dan alumni pada tanggal 23 September, Pendidkan norma, etika, dan softskill untuk mahasiswa pada tanggal 7 Oktober, serta  job fair yang akan dilaksanakan tanggal 9-24 Oktober secara daring.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.