Home Buleleng Round Up Manfaatkan Dana PEN, Gedung Lama RSUD akan di Revitalisasi

Manfaatkan Dana PEN, Gedung Lama RSUD akan di Revitalisasi

74
0
SHARE

Kendran, Pemerintah Kabupaten berencana menggunakan dana pinjaman PEN untuk merevitalisasi Gedung lama RSUD Buleleng.

RSUD Buleleng sejatinya tidak memiliki perencanaan matang untuk membangun struktur gedung rumah sakit yang layak untuk pasien lansia. Selain itu mengingat bangunan yang sudah berumur maka beberapa ruangan di Gedung lama RSUD sudah banyak yang bocor. Hal itu menjadi dasar Pemerintah Kabupaten mengajukan dana PEN kepada Kementerian Keuangan di tahun 2021. Pengajuan dana pinjaman sebesar 100 milyar tersebut direncanakan untuk revitalisasi Gedung lama RSUD Buleleng.

Dikonfirmasi via telepon, Dirut RSUD Buleleng dr Putu Arya Nugraha menjelaskan bangunan yang didirikan nanti merupakan bangunan terintegrasi. Terdiri dari tiga atau empat lantai dengan pelayanan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium rontgen, poliklinik, dan ruang rawat intensif dekat dengan IGD dalam satu gedung. “Satu gedung lagi yang terintegrasi yang fokus terhadap pelayanan ibu hamil dan bayi yang baru lahir yaitu ruang PONEK. Dimana angka kematian ibu yang masih tinggi sehingga kita buat satu ruang khusus untuk melayani ibu hamil dari control, persalinan, operasi, kemudian perawatan bayi,”ujarnya.

Sementara jika ruangan poliklinik dan lab rontgen di gedung lama di ratakan maka akan mendapatkan lahan parkir yang luas dan mudah diatur. Dirut RSUD Buleleng dr arya Nugraha mengatakan untuk desainnya diserahkan sepenuhnya kepada Dinas PUTR. “Sebetulnya sejak dibangunnya gedung UGD baru, ini adalah bagian kecil dari masterplan yang dibuat nanti dilanjutkan. Saah satunya dibelakang UGD baru beberapa bangunan di ratakan dan dibangun lagi Gedung baru,”terangnya.(ags/dpa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.