Home Artikel Kesehatan Makanan Pedas Beserta Manfaatnya

Makanan Pedas Beserta Manfaatnya

599
0
SHARE


Makanan Pedas Beserta Manfaatnya 
manfaat makanan pedas, menjaga kesehatan tubuh dengan makanan pedas, makanan pedas bermanfaat
Image by blogois.com

Bagi anda yang gemar dengan makanan pedas, ketahuilah jika makanan pedas yang anda makan ternyata ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang menggemari makanan pedas mengatakan bahwa makanan pedas selain nikmat juga dapat menambah nafsu makan.

Untuk menghasilkan rasa pedas dalam makanan, bumbu yang paling terpenting adalah cabai. Salah satu bumbu ini memang tidak bisa dipisahkan jika ingin menikmati masakan pedas yang mampu menggoyang lidah. Kandungan capsaicin pada cabai berperan memberikan sensasi pedas di lidah anda.

 

Capsaicin yang terdapat pada cabai ternyata mampu memberikan efek yang baik bagi tubuh. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah manfaatnya.
Menurunkan berat badan
Kandungan capsaicin pada cabai dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membantu tubuh dalam pembakaran kalori hingga 8%. Rasa pedas yang ditimbulkan oleh capsaicin dapat meningkatkan temperature tubuh dan meningkatkan detak jantung. Menurut sebuah penelitian, orang yang makan makanan yang pedas cenderung porsi makannya lebih sedikit sehingga berat badan tetap terjaga.
Menyehatkan jantung
Rasa pedas yang anda rasakan saat makan makanan pedas dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society menyebutkan bahwa kandungan capsaicin pada cabai dapat membantu mengurangi kolesterol yang menumpuk dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah.
Mencegah kangker
Berdasarkan data yang diberikan oleh American Chemical Society memiliki sifat sebagai penangkal kangker. Capsaicin telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel – sel kangker.
Menurunkan tekanan darah
Capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat meningkatkan nitric oxide yang mampu melindungi peradangan dan menurunkan tekanan darah. Diantara semua jenis cabai, cabai rawit diyakini paling baik untuk menurunkan tekanan darah.
Melancarkan pernafasan
Makanan pedas bersifat seperti espektoran dan membantu pengidap gangguan pernafasan seperti asma dan sinusitis. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, penderita gangguan pernafasan bisa bernafas lebih baik.
Menjaga mood
Rasa pedas yang disebabkan oleh cabai mampu meningkatkan hormon endorphin dan serotonin dalam tubuh. Hormon ini mampu menghilangkan nyeri dan memberikan rasa nyaman pada tubuh. Hormon ini juga mampu melawan stres dan depresi.
Menghilangkan gejala flu
Saat anda merasakan pedas yang menggelora di mulut anda, tentunya keringat anda akan bercucuran. Secara tidak langsung gejala flu yang anda alami akan berkurang, sehingga aktivitas anda bisa berjalan lancar.
Demikian manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.
Source: Tim Naviri, 2015. 1001 Makanan Sehat. PT Gramedia, Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.