Home Buleleng Round Up Majelis Pengawas Notaris Diingatkan Serius Tegakkan Hukum

Majelis Pengawas Notaris Diingatkan Serius Tegakkan Hukum

26
0
SHARE

Paket Agung, Tugas dan fungsi yang diamanatkan  kepada majelis pengawas notaris dalam melakukan pembinaan dan pengawasan notaris dapat terlaksana dengan baik jika pengawas lebih serius dan lebih fokus dalam menegakkan hukum di ranah tugas dan kewenangan notaris.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Propinsi  Bali  Maryoto Sumadi M.S saat melantik dan mengambil sumpah majelis pengawas daerah notaris Kabupaten Buleleng di aula Lapas Singaraja Rabu (07/02/2018)

Dipaparkan bahwa Majelis Pengawas Daerah, MPD Notaris Kabupaten Buleleng adalah suatu badan yang dibentuk oleh menteri untuk mendelagasikan kewajibannya dalam mengawasi notaris yang berkaitan dengan perilaku dan pelaksanaan jabatan notaries. Pembentukan Majelis Pengawas Notaris dimaksudkan untuk meningkatkan pelayann dan perlindungan hukum bagi masyarakat pengguna jasa  notaris mengingat dalam kenyataannya masih terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh notaris dalam melaksanakan kewenangan dan jabatannya mulai dari penyimpangan administratif maupun penyimpangan yang mengakibatkan kerugian material terhadap masyarakat pengguna jasa notaris. ” Oleh karena itu langkah-langkah yang dilakukan oleh Majelis Pengawas Notaris dalam emlakukan pengawasan dan pembinaan harus dipikirkan secara cermat dan teliti agar tepat sasaran. Demikian halnya dengan tindakan administrasi yang diambil oleh MPD baik berupa rekomendasi maupun putusan harus memiliki dasar yang kuta sehingga terhindar dari terjadinya impilkasi terhadap MPD,MPW maupun MPP,”bebernya

Kakanqwil Kemenkum Ham Bali, Maryoto Sumadi M.S

Usai melantik dan mengambil sumpah delapan orang anggota MPD Kabupaten Buleleng, Kakanwil Kemenkumham Bali Maryoto Sumadi menambahkan sejumlah potensi yang bisa menjerat seorang notaris dalam kasus-kasus hukum. Untuk diingatkan agar para notaries lebih meningkatkan kecermatan dan ketelitian sebelum menandatangani surat-surat perjanjian.

Sebelumnya delapan orang anggota majelis Pengawas Daerah, MPD notaries Kabupaten Buleleng diantaranya  Ketut Suryada,SH ,I Gede Sutana, SH, Putu  Sujana,SH, Nyoman Leo,SH, Made Maheranita,SH  Putu Sugi Ardana SH,MH, Dr. I Nyoman Gede Remaja,SH.MH, Nyoman Surata,SH.M.Hum dilantik dan diambil sumpahnya oleh kakanwil Kumham Propinsi Bali di aula Lapas Klas II B Singaraja.

Tampil sebagai ketua MPD Buleleng Putu Sugi Ardana dibantu wakil ketua Ketut Suryada dan sekretaris Komang Wiranata. Wakil ketua MPD Kabupaten Buleleng Ketut Suryada menjelaskan jumlah notaris di Buleleng yang tergabung dalam Ikatan Notaris Indonesia sebanyak 76 orang.(Wir)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.