Home Buleleng Round Up Mahasiswa Hukum Undiksha Ikuti The Philip C. Jessup International Moot Court...

Mahasiswa Hukum Undiksha Ikuti The Philip C. Jessup International Moot Court Competition

105
0
SHARE

Denpasar, Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha berpartisipasi dalam pelaksanaan kompetisi peradilan terbesar di dunia yaitu The Philip C. Jessup International Moot Court Competition yang diselenggarakan oleh Undiversitas Udayana, UNUD Denpasar.  The Philip C. Jessup International Moot Court Competition diadakan oleh The International Law Students Association. Jessup Cup adalah kompetisi peradilan terbesar di dunia, dengan peserta dari 645 sekolah hukum di 95 negara.  Tim Jessup Jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha bersaing dengan tim dari universitas lain, seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pelita Harapan, Universitas Udayana, dan universitas ternama lainnya.

Ketua jurusan ilmu hukum Undiksha Ratna Artha Windari, SH.MH menjelaskan tim Jessup Jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha melakukan persiapan untuk mengikuti kompetisi selama 3 bulan mengingat kompetisi ini merupakan peradilan terbesar di dunia dan pelaksaan menggunakan bahasa asing. ” Dalam kompetisi yang berlangsung dari tanggal 2-4 Februari 2018, Tim Jessup Jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha melakukan oral presentations and written pleadings di hadapan hakim-hakim internasional dalam menyelesaikan isu-isu di bidang hukum internasional publik. Isu yang diangkat dalam kompetisi ini sangat kompleks yang terdiri dari berbagai bidang ilmu dalam kajian hukum internasional seperti, Hukum Laut Internasional, Hukum Hak Asasi Manusia Internasional, Hukum Penyelesaian Sengketa Internasional, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nuklir, Humaniter Internasional, dan lain sebagainya,”terangnya

Ratna Artha Windari Tim Jessup Jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha melakukan oral presentations selama 45 menit, baik sebagai applicant maupun respondent. Tim berdebat secara bergantian di hadapan majelis hakim sebagai applicant dan respondent dengan tim lainnya.  kompetisi ini terdiri dari penyisihan, quarter final, semi final, dan final round. Setelah pelaksanaan selesai, dilanjutkan dengan event gala dinner bersama seluruh peserta dan hakim-hakim internasional. Penyelenggara The Philip C. Jessup International Moot Court Competition mengapresiasi keikusertaan mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha dalam kompetisi ini sebagai pendatang baru dengan prestasi yang mampu bersaing serta mengugguli kompetitor dari univesitas lainnya.

Penyelenggara The Philip C. Jessup International Moot Court Competition menurut Kejur ilmu hukum Undiksha Ratna Artha Windari mengharapkan keikutsertaan mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha pada Jessup Cup berikutnya, maupun moot court internasional lainnya.(Wir)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.