Home Buleleng Round Up LPM Gelar Pembinaan Kader Pemberdayaan Masyarakat

LPM Gelar Pembinaan Kader Pemberdayaan Masyarakat

52
0
SHARE

Bengkel, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, LPM Kabupaten Buleleng secara marathon melakukan pembinaan ke seluruh kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Pasca terpilih sebagai ketua LPM Kabupaten Buleleng, Made Teja langsung tancap gas. Upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, SDM LPM kembali digenjot. Langkah itu ditempuh dengan menggelar pembinaan kader Pemberdayaan Masyarakat , KPM serta  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, LPM.  Adapun Sembilan desa yang menjadi sasaran pembinaan dintaranya di desa Bengkel Kecamatan Busungbiu, desa Cempaga di kecamatan Banjar, Desa Kalianget di kecamatan Seririt, desa Poh bergong di Kecamatan Buleleng, Desa Galungan di Kecamatan sawan, Tukad Sumaga di kecamatan Gerokgak, desa Julah di Kecamatan Tejakula serta desa Pegayaman di Kecamatan Sukasada.

Ketua LPM Buleleng Made Teja menjelaskan pembinaan dilakukan sejak tanggal 3 September lalu dan berakhir Jumat 14 September di desa Pegayaman. Adapun materi yang disajikan dlaam pembekelan itu diantaranya Permendagri  nomor 18 Tahun 2018 tentang lembaga Kemasyarakatan Desa, LKD dan lembaga Adat Desa. LPM menurut Kader partai Nasdem ini merupakan bagian dari LKD yang berfungsi sebagai perencana serta membantu pelaksanaan pembangunan desa.

Ketua DPD LPM Buleleng Made Teja mengakui selama ini peran LPM pada masih-masing desa dan Kelurahan belum maksimal walau diakui ada sejumlah LPM yang mampu melaksanakan tugas dan funsginya.

Ketua DPD LPM Buleleng Made Teja mengatakan sebagai lembaga perencana, pelaksana sekaligus pengontrol pembangunan di Desa LPM merupakan mitra dari pemerintah dlaam melaksanakan pembangunan. “Pelaksana dan pengendali pembangunan. Baik pembangunan fisik ataupun non fisik disana juga ada kader pemberdayaan masyarakat sebagai pelaksana kegiatan itu yang pada prinsipnya LPM itu salah satu mitra kerja pemerintah”,ungkapnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.