Home Buleleng Round Up LP2M Undiksha Satukan Persepsi Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Massa

LP2M Undiksha Satukan Persepsi Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Massa

36
0
SHARE

Kaliuntu, Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Undiksha menggelar seminar untuk menyatukan persepsi penggunaan bahasa Indonesia pada media massa.

Media massa mempunyai peranan penting untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Selain itu media massa juga menjadi salah satu media untuk menyebarkan penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagai upaya menyatukan persepsi penggunaan bahasa yang benar, LP2M Undiksha menggelar seminar bertempat di Ruang Seminar Jayaprana, Fakultas Bahasa dan Seni Kamis 30 Juli 2020.

Kegiatan dengan mengedepankan protokol kesehatan, dilakukan secara daring (online) dan tatap muka. Ketua Pengabdian Kadek Wirahyuni, S.Pd., M.Pd mengungkapkan, selama ini masih banyak penyimpangan bahasa Indonesia yang dilakukan media massa sehingga perlu dilakukan penyegaran informasi. “Paling mencolok di ejaan dan gramatika, bahasa baku dan tidak baku juga. Bagaimanapun Media massa mempunyai peranan penting , sehingga jika media massa melakukan pelanggaran, takutnya masyarakat sebagai pembaca juga ikut. Kalau media massa sudah terbina otomatis masyarakat biasa juga menggunakan bahasa yang baik dan benar,”ungkapnya.

Lebih lanjut Wirahyuni yang juga Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengatakan seminar ini menjadi penyegaran bagi para jurnalis dalam menulis berita kedepan. “Karena mungkin jarangnya ada pelatihan bahasa indonesia. Jurnalis memang sudah tahu 5w+1h itu sudah dasarnya, namun di bahasa Indonesia ada istilah-istilah, padanan kata dan lain sebagainya,”imbuhnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.