Home Buleleng Round Up Lindungi Tanaman dari Hama, Warga Sidetapa Lepas Burung ke Alam Bebas

Lindungi Tanaman dari Hama, Warga Sidetapa Lepas Burung ke Alam Bebas

65
0
SHARE

Sidetapa, Untuk melindungi tanaman dari serangan hama terutama ulat, warga Desa Sidetapa melepaskan burung ke alam bebas.

Program pelestarian lingkungan dengan cara melepaskan burung ke alam bebas dilakukan sejak tahun 2014 lalu. Hal itu dilakukan untuk melindungi tanaman warga di Desa Sidetapa dari serangan hama terutama ulat. Sejak dilakukan upaya pelepasan burung itu, tanaman cengkeh di desa tersebut mulai berkembang dengan baik dari sebelumnya yang meranggas akibat termakan ulat. Untuk mempertahankan hasil kebun yang mulai membaik itu, langkah pelepasan burung ini terus dilakukan Komunitas Buleleng Harmoni. Pada Selasa pagi kembali dilakukan pelepasan burung bersama warga Sidetapa sebanyak empat ratus ekor burung. Hingga tahun ini sudah tercatat hampir dua puluh ribu ekor burung yang telah dilepas di Desa tersebut.

Pencetus Gerakan Lepas Burung dari Komunitas Buleleng Harmoni Wayan Ariawan mengatakan, burung yang dilepas itu adalah jenis burung pemakan hama. Sehingga pelepasan burung ini tidak saja menjadi suatu atraksi wisata saja, namun juga memberikan manfaat bagi warga yang memiliki lahan cengkeh atau perkebunan lainnya. “Burung yang kita lepas adalah yang memakan ulat seperti cerukcuk jadi yang bermanfaat bagi petani cengkeh yang merupakan mata pencaharian sebagian besar warga disini. Jadi cengkeh punya hama yang namanya penggerek batang salah satu penyebabnya adalah ulat. Dulu burung ditangkap sehingga ulat-ulat berkembang biak. Nah kami melakukan aksi lepas burung sejak tahun 2014 sehingga mengurangi populasi ulat itu sendiri,”ungkapnya.

Salah satu warga Putu Dharma telah merasakan manfaat dari aksi lepas burung itu sendiri. Ia yang memiliki lahan kebun cengkeh mengaku sejak dilepaskannya burung-burung itu ke alam bebas, pertumbuhan cengkehnya semakin baik dan hama yang dulunya banyak menyerang tanaman cengkehnya kini berkurang.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.