Home Buleleng Round Up Lahan Kekeringan, Distan Upayakan Bangun Sumur dan Bantuan Bibit

Lahan Kekeringan, Distan Upayakan Bangun Sumur dan Bantuan Bibit

53
0
SHARE

Banyuasri, Kekeringan yang melanda sebagian kabupaten Bueleng memberikan dampak pada lahan pertanian di kabupaten Buleleng, Oleh karena itu Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng berupaya untuk membangun sumber air baru serta memberikan bibit untuk petani.

Hal tersebut diungkap Plt. Kepala Dinas Pertanian Ir. Made Sumiarta kamis (11/07) siang diruang kerjannya. Sampai bulan Juni 2019 kekeringan terjadi di 4 kecamatan yaitu sawan, buleleng, sukasada, seririt. Dengan tingkat kekeringan Ringan seluas 27 hektar, Sedang 46 hektar, dan Berat seluas 3 hektar. Pada tingkat berat diperkirakan kerugian sekitar 21 juta.

Sebagai upaya antisipasi, pada lahan yang mengalami kekeringan di tingkat ringan dan sedang Distan akan bekerjasama dengan Dinas terkait dan petugas di kecamatan untuk mencari sumber air baru untuk mengairi lahan persawahan sehingga dapat berfungsi kembali secara optimal.

Kadistan Ir. Made Sumiarta menambahkan petani yang memiliki lahan dengan tingkat kekeringan berat yang telah terdaftar asuransi petani akan tercover sama seperti jika lahannya terkena serangan hama.”Sepanjang kelompok tani atau subak terdaftar dalam AUTP kita akan berikan klaim,”jelasnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.