Home Buleleng Round Up Kurangi Pengangguran Disnaker Rutin Gelar Pelatihan

Kurangi Pengangguran Disnaker Rutin Gelar Pelatihan

21
0
SHARE

Singaraja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buleleng secara rutin menggelar pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang bertujuan untuk menekan jumlah pengangguran di Buleleng dengan berbagai jenis pekerjaan yang ada.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Disnaker Kabupaten Buleleng, Dewa Putu Susrama saat dihubungi via telepon, Kamis (7/11).

Sekdis Susrama menegaskan Disnaker Buleleng secara rutin menggelar pelatihan keterampilan  tenaga kerja secara gratis tiap tahunnya, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Buleleng antara lain pelatihan otomotif, menjahit, spa, tat arias, las, processing hasil pertanian, instalasi listrik, pertukangan kayu, komputer, elektronik radio, dan juga ac split yang dilatih hingga memiliki skil service ac nantinya. Selain itu, pada bidang perhotelan, pihaknya juga telah melakukan pelatihan seperti housekeeping, tata hidangan, front office, administrasi perkantoran, bahasa mandarin, serta bahasa jepang.

Kedepan Disnaker menurut Susrama  akan tetap menciptakan terobosan baru dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran di Buleleng. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan konsolidasi antara pihak pemerintah dengan para pengusaha, karena tidak bisa dipungkiri bahwa angka pengangguran di Buleleng masih tergolong tinggi. “Karena wilayah kita luas, penduduk kita banyak jadi terlihat tinggi persentase penganggurannya. Secara nasional persentasenya 5.6 persen, kecil memang tapi dinas tenaga kerja buleleng ini cukup berhasil untuk menyerap angkatan kerja di Tahun 2018 kemarin sekitar 12ribu orang,”ujarnya.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.