Home Buleleng Round Up Kucing Mati Mendadak Panleucopenia Mulai Menyerang Kucing di Buleleng

Kucing Mati Mendadak Panleucopenia Mulai Menyerang Kucing di Buleleng

13
0
SHARE

Banyuning, Virus panleucopenia mulai menggejala di Buleleng. Virus ini mengakibatkan kematian pada beberapa ekor kucing.

Salah seorang warga yang berdomisili di Kelurahan Banyuning Made Narta Arianta menemukan beberapa ekor kucing di lingkungan BTN Banyuning Indah yang mati mendadak. Kematian beberapa ekor kucing di lingkungannya terjadi hampir setiap hari. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran akan penyakit tertentu yang kemungkinan berdampak pada manusia.

Kabid Kesehatan hewan drh. Wayan Susila dikonfirmasi terpisah Rabu (16/05) mengakui terjadinya kematian beberapa ekor kucing secara mendadak dilingkungan BTN Banyuning Indah. Setelah menerima pengaduan dari masyarakat pihaknya langsung turun ke lapangan. Dari hasil investigasi yang dilakukan ditemukan adanya Virus panleucopenia yang menyerang beberapa kucing tersebut. Penyakit ini menular kontak langsung atau tidak langsung melalui air liur, air kencing,muntah dan melalui kotoran kucing yang terinfeksi. Selain itu anak kucing juga dapat tertular virus dari induknya, bila sang induk terserang virus ini pada saat bunting.

“Kasus yang terjadi di Banyuning setelah kita investigasi bahwasanya itu mengarah pada panleucopenia sejenis virus yang menyerang kucing yang tanda klinisnya berupa muntah dan mencret dan itu sampai 80 persen terjadi kematian terutama pada kucing muda”,terangnya.

Kabid Kesehatan hewan drh. Wayan Susila menambahkan salah satu cara untuk mencegah penularan virus ini adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap kucing dengan harga seratus tujuh puluh ribu  rupiah per ekor. Virus ini menurut Susila hanya terjadi pada kucing dan tidak berbahaya bagi manusia. Beda halnya dengan virus rabies yang bersifat sonosis atau menular pada manusia.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.