Home Artikel Kesehatan Konsumsi Jenis Makanan Ini Untuk Jantung Sehat

Konsumsi Jenis Makanan Ini Untuk Jantung Sehat

Pembatasan kosnsumsi untuk makanan tidak berlaku untuk semua jenis makanan, melainkan hanya pada jenis makanan tertentu saja. Jenis makanan yang sehat untuk jantung bukanlah jenis makanan yang rumit

1415
0
SHARE
cara menyehatkan Jantung Sehat
Image from futuready.com

Jantung merupakan salah satu bagian vital dari tubuh manusia. Pola hidup yang tidak baik dapat menganggu kinerja dan kesehatan jantung, sehingga untuk memiliki jantung yang sehat, anda disarankan mengonsumsi makanan yang sehat.

Tidak ada yang melarang jika kita ingin mengonsumsi jenis makanan apapun, apalagi makanan yang sedap disantap. Namun alangkah baiknya jika kita sedikit memperhatikan makan yang kita konsumsi, yaitu dengan membatasi dan mengatur pola makan kita. Karena apapun yang berlebihan tidaklah baik.

Baca juga : Kelebihan berat badan bisa berakibat Penyakit Jantung?

Pembatasan kosnsumsi untuk makanan tidak berlaku untuk semua jenis makanan, melainkan hanya pada jenis makanan tertentu saja. Jenis makanan yang sehat untuk jantung bukanlah jenis makanan yang rumit, prinsip dasarnya ada empat, yakni;
Rendah garam
Kenapa makanan yang sehat untuk jantung harus rendah garam? Karena konsumsi garam yang berlebihan dapat membuat kadar natrium dalam tubuh anda meningkat. Jika natrium dalam tubuh berlebih, nantinya natrium ini akan menarik cairan ke dalam darah yang membuat cairan dalam darah berlebih. Nah, kelebihan cairan inilah nantinya yang akan menjadi beban bagi jantung anda. Jadi, walaupun garam bisa meningkatkan kadar natrium dalam tubuh anda, ini bukan berarti anda harus berhenti mengonsumsi garam, namun batasilah penggunaan garam pada makanan yang anda konsumsi.
Rendah kolesterol
Makanan yang mengandung banyak kolesterol tidak baik bagi tubuh, terutama jantung. Karena makanan yang mengandung kolesterol atau lemak yang tinggi dapat meningkatkan timbunan kolesterol jahat dalam tubuh, yang berakibat pada penyumbatan pembuluh darah pada jantung dan berakhir pada terjadinya serangan jantung. Namun walaupun begitu, bukan berarti semua lemak harus dihindari. Jenis lemak yang sebaiknya sedikit atau bahkan tidak dikonsumsi yaitu jenis lemak jenuh dan lemak trans, yaitu lemak yang terdapat pada gorengan-gorengan pada umumnya.
Kandungan kalori dan gula yang sesuai kebutuhan tubuh
Sudah menjadi pengetahuan umum jika makan terlalu banyak dapat menyebabkan kelebihan kadar gula dan kalori. Jadi makanlah sesuai kebutuhan, jika memang kita melakukan jenis pekerjaan yang berat mungkin jumlah gula dan kalori yang dibutuhkan lebih banyak, namun jika hanya kita hanya duduk santai di rumah, maka tidak perlu bukan makan sampai 5 piring sehari? Jadi sesuaikanlah porsi makan dengan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari.
Sayur dan buah
Tidak dapat dipungkiri jika sayur dan buah memiliki manfaat yang tidak perlu diragukan lagi bagi tubuh. Diantaranya sebagai sumber serat, vitamin, antioksidan dan lain-lain. Jadi usahakanlah untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.
Jenis makanan yang mengandung empat prinsip diatas sebaiknya diterapkan dalam pola makan anda sehari-hari, sehingga jantung anda akan tetap sehat.
Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.