Home Buleleng Round Up Komisi IV Hering Dengan BPJS

Komisi IV Hering Dengan BPJS

109
0
SHARE

Paket Agung, Komisi IV DPRD Buleleng  kembali menggelar dengar pendapat  atau hearing dengan BPJS Kabupaten Buleleng senin (12/3). Pembahasan difokuskan pada Intruksi Presiden tentang optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, JKN.

Sejumlah anggota Komisi IV yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan diantaranya Ketua Komisi IV Ir. Gede Wisnaya Wisna, Nyoman Gede Wandira Adi,ST, Nyoman Sukarmen, Ngurah Arya melakukan dengar pendapat dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja Made Sukmayanti bersama jajarannya.

Ketua Komisi IV Wisnaya Wisna ingin menanyakan kesiapan BPJS Buleleng untuk melaksanakan Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagaimana diatur pada Inpres nomor 8 tahun 2017. Para wakil rakyat berharap agar seluruh penduduk Buleleng tercover dalam jaminan kesehatan tersebut.

Wisnaya menegaskan pihak pemerintah daerah harus siap menganggarkan dana agar semua warga buleleng mendapatkan JKN. “Ada sejumlah uang yang akan dipakai untuk menutupi sampai nanti perubahan masuk lagi dana baru. Ketika dana dibayarkan untuk kuota nanti ada dana tambahan lagi yang masuk”, ungkapnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi IV Ngurah Arya. Menurutnya saat ini masih banyak masyarakat yang benar benar kurang mampu belum memiliki JKN/KIS sehingga pada saat  sakit mereka sangat kesulitan menanggulangi biaya berobat.

Menanggai pertanyaan dan harapan itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singaraja Made Sukmayanti, mengaku telah mendiskusikan pelaksaan Inpres dengan Wakil Bupati Buleleng. Sebagai simulasi untuk kabupaten Buleleng dalam mengcover seluruh penduduk Kabupaten Buleleng untuk tahun 2019. Dibutuhkan dana sekitar  Rp. 110.922.468.000,- dengan rincian jumlah peserta (279.477 +122.466) x Rp. 23.000 x 12 bulan.

Untuk itu BPJS menurut Sukmayanti akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar bisa mewujudkan harapan masyarakat Buleleng tercover KIS pada tahun 2018 mendatang.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.