Home Artikel Kesehatan Kolesterol, Baik Atau Jahat Bagi Tubuh?

Kolesterol, Baik Atau Jahat Bagi Tubuh?

Sudahkah anda mengetahui apa itu kolesterol? Mungkin sepintas yang ada di benak kita adalah kolesterol merupakan senyawa jahat yang mampu merusak organ tubuh kita.

378
0
SHARE
kolesterol baik, kolesterol jahat, kolesterol
Image from jevuska.com

Sudahkah anda mengetahui apa itu kolesterol? Mungkin sepintas yang ada di benak kita adalah kolesterol merupakan senyawa jahat yang mampu merusak organ tubuh kita.

Sesungguhnya kolesterol merupakan hasil dari proses metabolisme dalam tubuh terhadap lemak yang kita konsumsi. Disamping itu, beberapa organ tubuh kita seperti hati, juga memproduksi lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol sangatlah penting bagi tubuh kita, namun jika kadarnya yang terlalu tinggi dalam tubuh, nah hal itulah yang dapat menyebabkan penyakit bagi organ-organ tubuh kita.

Baca juga: Hindari Konsumsi Junk Food

Kolesterol yang ada dalam tubuh kita memiliki peran, karakteristik dan jumlah yang spesifik yang menunjukkan kondisi tubuh kita. Nah, sudahkah anda mengetahui apa saja jenis-jenis kolesterol yang ada? Secara umum jenis kolesterol dibagi menjadi 3, yakni:

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Kolesterol LDL merupakan salah satu jenis kolesterol jahat. Nah mengapa disebut kolesterol jahat? Jika terlalu tinggi kadar kolesterol ini dalam darah maka, ia akan menyebabkan terjadinya pengendapan kolesterol pada arteri. Selain itu, jenis kolesterol ini juga menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit jantung koroner. Kolesterol LDL menjadi jenis lemak jahat yang umumnya melekat pada dinding pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah. Jadi timbunan lemak yang ada pada pembuluh darah akan menyebabkan aliran darah kurang lancar, dan hal ini nantinya dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah secara total.

Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

Kolesterol jenis ini biasa disebut sebagai kolesterol baik, karena jumlah lemak yang dikandung lebih sedikit dan lemak jenis ini mampu membuang kelebihan kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Kolesterol HDL mencegah terjadinya pengendapan kolesterol di arteri, serta ia mampu melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis atau terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah. Sebagai lemak baik, Kolesterol HDL membersihkan kelebihan kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah, dengan mengangkut kolesterol tersebut ke dalam hati. HDL tersusun oleh protein utama yaitu ApoA (apolipoprotein A)

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang terkandung dalam darah dan berbagai organ dalam tubuh. Jika kadar trigliserida dalam tubuh meningkat, maka kadar kolesterol dalam tubuh juga akan mengalami peningkatan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam tubuh, diantaranya obesitas, minuman beralkohol, gula dan tentunya makanan berlemak. Peningkatan trigliserida dalam tubuh juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Jadi tidak semua kolesterol dalam tubuh itu bersifat jahat, beberapa diantaranya justru membantu dalam beberapa proses yang terjadi dalam tubuh. Sesungguhnya, pola hiduplah yang dapat merubah kolesterol ini menjadi jahat, so, terapkanlah pola hidup sehat agar kolesterol jahat tak menyerang anda.

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.