Home Jalan-Jalan di Bali KOLAM AIR SANIH Kubutambahan

KOLAM AIR SANIH Kubutambahan

1559
0
SHARE

Wisata di Bali

Kubutambahan, Kolam Air Sanih terletak di Kecamatan Kubutambahan. Kolam Air Sanih dikelola oleh Desa Pakraman Yeh Sanih. Kolam dengan view laut itu terlihat begitu mempesona. Selain memiliki view laut, kolam air sanih juga memiliki wahana bermain untuk anak. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir lagi apabila berkunjung ke Kolam Air Sanih dengan membawa sang buah hati. Disamping itu, terdapat dua kolam, satu Kolam Utama dan satu Kolam Deras. Kolam deras tersebut dapat digunakan oleh anak-anak dikarenakan memiliki air yang dangkal. Untuk dapt masuk ke dalam area kolam pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 8.000 untuk dewasa dan 5.000 untuk anak-anak. Adapun larangan yang tidak boleh dilakukan saat mandi di kolam air sanih tersebutyakni, pengunjung tidak diijinkan untuk memakai sabun dan shampoo didalam kolam, mandi tanpa busana, membawa dan minum minuman keras serta membuang sampah sembarangan. Ancangan desa Pakraman Yeh Sanih Jro Made Sumarsa mengungkapkan, awalnya Kolam tersebut merupakan sebuah sungai yang bernama Tukad Airsanya yang berarti timur laut pulau bali.”Keseluruhan wilayah masyarakat  ini di sebut airsanya pada saat itu, air sanya yang artinya timur laut, timur laut pulau bali. Air sanya maka lama-lama berubah menjadi air sanih. Jadi air sanya dasarnya.”

Air Sanih Swimming Pool yessAncangan desa Pakraman Yeh Sanih Jro Made Sumarsa menambahkan, pembentukan Kolam tersebut diperkirakan skitar tahun 50-an. Lalu pengelolaan Kolam Air Sanih diserahkan kepada desa Pakraman. Awalnya terdapat dua kolam, satu kolam besar dan satu kolam kecil. Namun karena pengunjung telah banyak yang datang, maka kolam area kolam tersebut ditata dan kolam kecil diganti dengan kolam arus atau kolam deras.”Untuk membuat kolam itu, dua kolam kolam besar di timurnya kolam kecil di sebelah baratnya sebelum jadi kolam arus sekarang. Kira-kira walaupun engga benar sekali pada sekitar tahun setelah kemerdekaan, anggaplah tahun 50-an kejadiannya.  Setelah terjadi terbentuk kolam besar dan kolam kecil di berikan penguasaannya ke pengelolaannya kepada desa sanih pada saat itu karena waktu itu belum desa bukti, disini desa pemulitan kan dulunya dua desa sanih dan desa bukti kemudian tahun 68 karena di anggap penduduk di sini masih sedikit terus di grupin sehingga menjadi desa bukti dusunnya menjadi dusun sanih dulu kan desa sanih di sini namanya, desa air sanih lah yang saya bilang tadi desa air sanih yang asal katanya air sanya.” Sebenarnya Kolam Air Sanih Menurut Jro Made Sumarsa merupakan lambing Pulau Bali. Kolam Kecil yang kini diganti menjadi kolam arus adalah lambing dari pulau Nusa Penida dan ada satu batu bundar yang terdapat di kolam itu adalah Singaraja. Namun, sayang kolam tersebut kini telah berubah. “Kalau tiang melihat kolam itu menyuluhkan pulau bali itu sayangnnya kolam kecil itu tidak ada, kolam kecil itu menyuluhkan nusa penida, persis itu. Trus itu bundaran yang di batu itu sebenarnya itu menunjukan singarajanya.” Air yang dikatakan bersumber dari Gunung Batur yang memnuhi Kolam Air Sanih dipercaya memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit. Seperti diungkapkan Ancangan Desa Pakraman Yeh Sanih Jro Made Sumarsa. “Ya penyakit-prnyakit alam yang mungkin ringan, kalau yakin seperti saya berendam aja di sana hilang dah, saya membuktikan sekali inget waktu muda saya panas dingin badan saya berendam saja di sana hilang dah. Kalo panas dingin kan gak boleh masuk air dingin sebenarnya ketika saya berendam kok seketika hilang nah itu tak tanyain.” 

Air Sanih Swimming kkkk

Sementara itu pengelola Kolam Air Sanih yang juga Kelian Desa Pakraman Yeh Sanih Made Jeneng Kawi mengungkapkan, pengunjunng yang datang lebih banyak wisatawan dometik dibanding wisatawan asing. Pengunjung akan ramai pada saat hari raya seperti Galungan dan Lebaran.”Galungan dan lebaran kami di sana gabung untuk karyawa berapa bulan kan gitu, kalau hari minggu ya paling ya berapa 500  ya masukan, kalo hari biasa 150 karna bulan masih musim hujan.”Pengelola Kolam Air Sanih yang juga Klian Desa Pakraman Yeh Sanih Made Jeneng Kawi Kolam dengan kedalaman hamper 2 meter dibagian selatan dan 1 meter dibagian utara padakolam besar banyak dimanfaatkan juga oleh pelajar untuk berolahraga. Akan tetapi kolam dengan kedalaman hamper dua meter tersebut memerlukan pengawasan dari security agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab tak jarang anak-anak yang bermain di Kolam tersebut tidak mengetahui kedalaman kolam sehingga dengan semngatnya langsung terjun ke kolam.”Kolam besar itu kalau pas gini 1,80 yang di hitung di selatan yang paling dalam kalau di utara 1 meteran lah, itu makanya kami sering dengan security sebab ada masukan di facebook kemarin agar dijaga sebab masyarakat anak-anak dh tau kalau dalam, saya udh kemarin baca di facebook saya udh ceritakan dengan security, walaupun tulisannya udh gak ada,ada tapi gak sempat baca itu langsung kecebur tapi belum ya, mudah-mudahan gak kejadian, selama ini dengan doa kami tetep mudah-mudahan kolam kami laris tambah maju dan tidak ada bencana.”Keberadaan Kolam Air Sanih merupakan salah satu daftar kunjungan wisata tatkala libur tlah tiba. Dengan lokasi kolam yang menghadap ke laut membuat kolam tersebut terlihat menarik. Pengunjung pun juga dapat menikmati indahnya awan biru yang membentang luas sembari menyegarkan diri di dalam air murni Kolam Air Sanih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.