Home Artikel Kesehatan Kenali Penyakit Gagal Jantung

Kenali Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung adalah salah satu penyakit yang dialami jantung dimana otot jantung dalam kondisi lemah sehingga tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh dengan tekanan yang tepat. Gagal jantung biasanya dipicu oleh beberapa masalah kesehatan lainnya seperti jantung koroner, hipertensi, anemia, diabetes, dan kardiomiopati.

791
0
SHARE
Gagal jantung, Penyakit Gagal jantung
Image by merdeka.com
Penyakit gagal jantung adalah salah satu penyakit yang dialami jantung dimana otot jantung dalam kondisi lemah sehingga tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh dengan tekanan yang tepat. Gagal jantung biasanya dipicu oleh beberapa masalah kesehatan lainnya seperti jantung koroner, hipertensi, anemia, diabetes, dan kardiomiopati.

Penyakit gagal jantung memang penyakit yang cukup berbahaya. Ada tiga jenis penyakit gagal jantung. Yang pertama adalah gagal jantung yang terjadi akibat rusaknya katup jantung, yang kedua adalah gagal jantung akibat melemahnya ruang jantung, dan yang terakhir adalah gagal jantung yang diakibatkan oleh kakunya ventrikel kiri sehingga jantung sulit untuk terisi darah. Gagal jantung mengakibatkan detak jantung menjadi cepat dan tidak beraturan. Gangguan jantung ini juga dapat berpengaruh pada organ tubuh lainnya. Seperti contohnya menyebabkan pasokan darah ke ginjal menjadi lebih sedikit sehingga terjadi penumpukan cairan pada tubuh penderitanya.

Baca juga: Gerakan Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Beberapa gejala yang muncul akibat kurangnya pasokan darah ke ginjal adalah pembengkakan pada kaki, sering buang air kecil khususnya pada malam hari, berat badan meningkat secara signifikan, mual-mual, nafsu makan berkurang, sesak nafas, dan batuk kering. Selain menyebabkan ganggguan pada ginjal, gagal jantung juga akan menyebabkan pasokan darah ke otot-otot menjadi berkurang sehingga menyebabkan tubuh terasa lemah dan letih.

Gejala yang paling sering terlihat jika seseorang mengalami gagal jantung adalah sesak nafas yang terjadi pada saat penderitanya berbaring datar. Bahkan penderita gagal jantung sering sulit tidur akibat mengalami sesak nafas yang hebat pada malam hari. Setiap penderita gagal jantung memiliki gejala yang berbeda-beda. Jika memang merasakan gejala-gelaja aneh pada tubuh, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi pada tubuh.

Beberapa penyebab penyakit gagal jantung adalah:

  • Kardiomiopati atau gangguan otot jantung. Gangguan ini memang menjadi faktor penyebab gagal jantung. Sampai saat ini penyebab kardiomiopati belum diketahui, namun diduga penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan, efek samping obat kanker, alkohol, atau bahkan infeksi virus. Gangguan inilah yang akan memicu terjadinya gagal jantung.
  • Jantung koroner. Penyakit ini adalah gangguan jantung yang menyebabkan pasokan darah dan oksigen ke jantung berkurang akibat tersumbatnya pembuluh darah oleh lemak yang mengendap.
  • Tekanan darah tinggi menyebabkan jantung bekerja lebih berat dan membuat otot jantung menebal. Jika hal ini terus terjadi, jantung akan tidak kuat lagi memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Kerusakan katup jantung. Penyempitan katup jantung akan menyebabkan aliran darah terganggu dan menyebabkan jumlah darah yang dipompa menjadi lebih sedikit. Sedangkan jika katup jantung mengalami kebocoran, volume darah akan bertambah. Hal ini akan mengakibatkan jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk menyesuaikan dengan volume darah yang besar.
  • Gangguan ritme jantung. Ritme jantung yang terlalu cepat akan membuat jantung bekerja terlalu keras. Namun sebaliknya jika ritme jantung terlalu lambat, pasokan darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh menjadi berkurang. Jiks dibiarkan, kedua kondisi ini akan menyebabkan gagal jantung.

Selain gangguan-gangguan diatas, diabetes dan anemia adalah pemicu penyakit gagal jantung. Saat seseorang mengalami anemia, tubuhnya akan kekurangan oksigen sehingga akan berdampak juga pada jantung. Sedangkan untuk penderita diabetes, resiko gagal jantung menjadi lebih tinggi. Mengapa? Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah.

Untuk mengetahui penyakit gagal jantung, beberapa tes akan dilakukan oleh dokter. Yang pertama adalah tes darah. Dengan melakukan tes darah, dokter akan mengetahui apakah ada gangguan pada fungsi tiroid dan ginjal pasien dan beberapa indikasi lainnya yang mungkin mengakibatkan jantung mengalami masalah. Yang kedua adalah ekokardiogram. Ini adalah salah satu tes yang dilakukan untuk mengetes gagal jantung. Tes ini dilakukan dengan menggunakan bantuan gelombang ultrasound untuk mendekteksi kinerja jantung. Selanjutnya adalah tes latihan tekanan. Tes ini dilakukan untuk mengetahui fungsi jantung saat melakukan kegiatan berat. Tes nafas juga akan dilakukan jika pasien menderita sesak nafas. Dan yang terakhir adalah tes dengan menggunakan sinar x untuk mengetahui penumpukan cairan yang ada di dalam jantung.

Penyakit gagal jantung ini memang berbahaya. Selain menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, gagal jantung bahkan bisa mengakibatkan kematian mendadak. Jika memang mengalami gagal jantung, pengobatan yang tepat sangat diperlukan. Biasanya para penderita gagal jantung akan mengkonsumsi obat seumur hidupnya untuk mengatasi gagal jantung. Selain itu, dalam beberapa kasus gagal jantung memasang alat penopang jantung bahkan transplantasi jantung.

Untuk mencegah penyakit ini, mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak serat sangat disarankan. Hidarilah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak seperti jeroan, daging kambing, dan masih banyak lagi makanan berlemak yang harus dihindari. Tidak hanya itu, mengurangi asupan gula dan alkohol juga perlu dilakukan. Gagal jantung juga dapat dicegah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Sangat penting untuk melakukan olahraga secara teratur agar jantung dan tubuh tetap sehat. Jika memang seorang perokok, berhentilah merokok untuk menghindari gagal jantung. Resiko gagal jantung bisa terjadi pada perokok aktif maupun perokok pasif.

Demikianlah informasi singkat mengenai penyakit gagal jantung. Menerapkan pola hidup sehat sangat diperlukan untuk menghindari penyakit gagal jantung. Semoga bermanfaat.

Konsultasikan kesehatan anda di Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.