Home Buleleng Round Up Kelola Penyisihan Laba LPD MUDP Tunggu Perda LPD

Kelola Penyisihan Laba LPD MUDP Tunggu Perda LPD

100
0
SHARE

Banjar Jawa, Majelis Utama Desa pakraman, MUDP Bali masih menunggu pengesahan Peraturan Daerah tentang LPD untuk mengelola penyidihan laba LPD.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris MUDP Bali I Gusti Made Ngurah usai menghadiri pertemuan di Pura Agung Jagatnatha Singaraja Jumat (08/02). Selama ini menurutnya MUDP tidak pernah tahu jika LPD menyetorkan 5 persen labanya untuk dikelola oleh Lembaga pemberdayaan, LP LPD, sebuah lembaga di Propinsi. Padahal sebagai pemilik, MUDP sebagai pengejewantahan Desa Pakraman ditingkat propinsi sudah semestinya tahu pengelolaan dana tersebut. Setelah berkembang dan dipertanyakan akhirnya MUDP diminta membuka rekening. Peyisihan laba usaha dari masing-masing LPD akan ditransfer 2 persen untuk MUDP. Sikap itu ditolak oleh MUDP Bali. Saat ini MUDP Bali  telah membentuk sebuah lembaga untuk mengelola LPD sambil menunggu Perda yang sedang digodok di DPRD Bali.

Sekretaris MUDP Bali I Gusti Made Ngurah  menambahkan tentang LPD selama ini diatur melalui  Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2012. Ia mengakui bahwa salama ini tidak sedikit LPD yang menolak melakukan setoran penyisihan laba LPD kepada lembaga yang dibentuk di Propinsi Bali. “Tidak semudah itu kok tiba-tiba datang 2% persen, trus kami harus membuka rekening yang selama ini kami tidak ada tahu bagaimana pengelolaannya. Yang mengelola itu bukan lembaga yang dibentuk oleh MUDP. Mestinya kan dewan LPD di bentuk oleh Majelis Desa Pakraman, Kemudian bagaimana p[engelolaannya kan mereka yang bertanggung jawab. kalau memang ada dana untuk majelis desa pakraman kan bisa dilaporkan oleh dewan LPD”,ungkapnya.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.