Home Buleleng Round Up KCKB Buleleng Promosikan Kerajinan Buleleng

KCKB Buleleng Promosikan Kerajinan Buleleng

88
0
SHARE

Kendran, Komunitas Cinta Kerajinan Buleleng (KCKB) menggelar pameran kerajinan lokal Buleleng Buleleng sebagai upaya pelestarian serta promosi potensi karya Buleleng.

Potensi yang dimiliki Kabupaten Buleleng begitu beragam. Mulai dari potensi wisata, alam serta produk-produk lokal lainya seperti kerajinan yang digarap oleh pengrajin Buleleng. Namun seiring perkembangangan jaman, produk-produk khas Buleleng justru kian tenggelam karena pengaruh dari luar. Terutama pada kerajinan Buleleng seperti kerajinan kain endek, songket, slaka, perak, anyaman serta kerajinan tradisonal lainnya. Untuk menyiasati agar tidak hilang tergerus jaman, Komunitas Cinta Kerajinan Buleleng (KCKB) menginisiasi pagelaran pameran kerajinan untuk melestarikan serta mempromosikan kerajinan Buleleng. Pameran diselenggarakan di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Minggu (26/05) siang. Puluhan kerajinan dari berbagai pengrajin di Buleleng dipamerkan.

Salah satu penggerak Komunitas Cinta Kerajinan Bauleleng (KCKB) Kadek Sonia Piscayanti mengatakan, pameran kerajinan yang dilaksanakan ini bukan semata-mata hanya untuk promosi, namun juga bagaimana para pengrajin di Buleleng bisa membangun jaringan untuk memperkenalkan karya khas Buleleng lewat kerajinan-kerajinan yang dimiliki oleh masing-masing pengrajin. “Kami menyadari bahwa kerajinan Buleleng sangat beragam tapi belum dikenal masyarakat luas. Maka dari itu kami lewat Komunitas ini kami ingin mempromosikan kerajinan khas Buleleng. Bukan saja hanya pameran, tapi bagaimana mereka bisa membangun networking dan saling mengenal anatar pengrajin dengan potensi kerajinannya,”jelas Sonia.

Sonia menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan KCKB Buleleng ini baru pertama kalinya. Ia berharap dari kegiatan itu, produk-produk khas Buleleng dapat dibangkitkan serta dipopulerkan kembali. Tidak saja dikalangan dewasa namun juga dikalangan generasi muda bisa lebih mencintai produk lokal Buleleng melalui event yang diselenggarakan. “Kami harapkan kegiatan ini akan berkelanjutan. Tidak hanya kerajinan kain tapi juga kerajinan lainnya. Dan efeknya nanti generasi muda akan makin mencintai produk kerajinan lokal Buleleng,”ungkapnya.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.