Home Artikel Kesehatan Penyakit Kanker Darah atau Leukemia

Penyakit Kanker Darah atau Leukemia

Kanker darah atau yang mempunyai nama ilmiah leukemia adalah jenis kanker yang menyerang sel darah pada sumsum tulang. Seorang pengidap kanker darah sumsum tulangnya akan memproduksi sel darah putih yang tidak normal atau berlebihan dan tidak berfungsi dengan baik.

1135
0
SHARE
Kanker darah, penyakit kanker darah, leukemia
Image by vemale.com

Kanker darah atau yang mempunyai nama ilmiah leukemia adalah jenis kanker yang menyerang sel darah pada sumsum tulang.

Artikel kesehatan kali ini akan membahas mengenai Leukemia.

Seorang pengidap kanker darah sumsum tulangnya akan memproduksi sel darah putih yang tidak normal atau berlebihan dan tidak berfungsi dengan baik.

Kanker darah atau leukemia dapat menyebabkan meningkatnya sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang yang mengakibatkan terjadinya penumpukan sel darah putih dalam sumsum tulang sehingga sel darah yang sehat akan berkurang. Pada tubuh yang sehat, sel darah putih berfungsi untuk memberantas infeksi dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai faktor. Namun jika frekuensinya melibihi batas, sel darah putih bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya.

Sampai saat ini, penyebab kanker darah belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor resiko yang diduga sebagai penyebab kanker darah. Faktor keturunan diduga dapat memicu kanker darah. Seseorang yang memiliki anggota keluarga mempunyai riwayat kanker darah akan beresiko mengalami kanker yang sama. Selanjutnya, sesorang pernah menjalani kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu penyakit kanker darah.  Merokok juga juga dapat meningkatkan resiko kanker darah. Disamping itu banyak sekali penyakit lain yang dapat dipicu oleh rokok. Selain itu, kelainan genetic, kelainan darah, dan pernah terkena radiasi tingkat tinggi atau zat kimia tertentu juga dipercaya dapat meningkatkan resiko kanker darah.

Baca juga: Mengetahui Kanker Tulang

Gejala kanker darah sangat dipengaruhi oleh jenis kanker darah yang diidap oleh seseorang. Gelaja kanker darah sangat bermacam-macam, oleh sebab itu ada baiknya kita tetap waspada dan teliti jika mengalami gelaja-gejala yang aneh pada tubuh. Biasanya, gelaja kanker darah hampir mirip dengan penyakit-penyakit biasa yang kita alami seperti flu. Beberapa contoh gejala yang mungkin dialami oleh penderita kanker darah adalah demam, menggigil, lemas, sakit kepala, muntah, keringat berlebihan pada malam hari, nyeri sendi, berat badan menurun, pembengkakan pada limfa, infeksi, mudah mengalami pendarahan, dan muncul bintik merah pada kulit.  Ada baiknya jika mengalami gejala-gejala tersebut segera memeriksakannya ke dokter.

Berdasarkan kecepatan perkembangannya, kanker darah dapat dikelompokkan menjadi jenis akut dan kronis. Kanker darah akut berkembang dengan cepat disebabkan oleh meningkatnya jumlah sel darah putih dan menyebar ke dalam aliran darah. Jika memang mengalami kanker darah akut ini, pengobatan harus dilakukan dengan segera. Jika tidak ditangani dengan cepat, kanker darah ini bisa berakibat fatal. Sementara itu, untuk jenis kanker darah kronis adalah kanker darah yang berkembang secara perlahan dan cenderung dalam jangka panjang. Gejala kanker darah kronis ini cenderung jarang terlihat, sehingga baru diketahui setelah menggerogoti selama bertahun-tahun. Selain itu, kanker darah juga dapat dikatagorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Kanker yang menyerang limfa disebut dengan leukemia limfotik dan leukemia mielogen adalah jenis kanker yang menyerang sel mieloid.

Beberapa jenis kanker darah yang paling sering menyerang manusia adalah:

Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Pada umumnya jenis kanker darah ini akan menyerang orang dewasa. Untuk CML ini akan melalui dua tahap yaitu yang pertama adalah sel abnormal akan berkembang secara perlahan lalu, saat memasuki tahap kedua, jumlah sel abnormal akan meningkat dengan signifikan.

Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah ini akan menyerang orang dewasa saja. Pada umumnya gelaja tidak akan terlihat dengan jelas oleh karena itu, kanker darah jenis ini baru akan diketahui pada saat memasuki stadium lanjut.

Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Selain bisa terjadi pada orang dewasa, jenis kanker ini juga bisa menyerang anak-anak dan remaja. Kanker ini akan membentuk sel myeloid yang tidak sempurna sehingga mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

Pada umumnya jenis kanker darah ini menyerang anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan jika kanker ini menyerang orang dewasa. ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga dapat menyebabkan infeksi yang serius oleh karena limfosit tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk mengetahui penyakit ini bisa dilakukan dengan cara melakukan tes darah dan biopsy sumsum tulang. Dengan melakukan tes darah, kadar sel darah putih yang tidak normal bisa dideteksi. Biopsi sumsum tulang dilakukan untuk mengetahui keberadaan sel kanker darah dalam sumsum tulang. Biopsi ini dilakukan dengan cara mengambil sampel sumsum tulang untuk mengetahui jenis kanker yang diidap oleh penderitanya.

Itulah beberapa informasi mengenai kanker darah atau leukemia. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.