Home Artikel Kesehatan Kalsium Alami Pada Makanan

Kalsium Alami Pada Makanan

Kalsium adalah jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan tubuh akan kalsium lebih dari 100 mg per harinya. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang, kalsium isi memiliki peran penting. Tidak hanya itu, kalsium juga berpengaruh pada pertumbuhan gigi.

1194
0
SHARE
Kalsium alami, makanan yang mengandung kalsium
Image by manfaatnyasehat.com
Kalsium adalah jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan tubuh akan kalsium lebih dari 100 mg per harinya. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang, kalsium isi memiliki peran penting. Tidak hanya itu, kalsium juga berpengaruh pada pertumbuhan gigi.

Pada umumnya, kalsium diketahui terdapat pada susu. Banyak orang mengkonsumsi susu untuk meningkatkan kesehatan tulang mereka. Kekurangan kalsium bisa memicu berbagai macam jenis penyakit tulang. Seperti contohnya osteoporosis.

Namun, ternyata ada beberapa makanan lain yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh kita. Selain bisa kita gunakan sebagai pilihan pengganti susu, makanan-makanan ini bisa dengan mudah kita dapatkan di kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah makanan-makanan tersebut.

Ikan Salmon

Makanan ini memiliki banyak kandungan lemak sehat dan protein. Namun tidak hanya itu, ikan salmon juga ternyata mengandung banyak kalsium. Jadi, dengan mengkonsumsi ikan salmon, kebutuhan kalsium bagi tubuh bisa terpenuhi.

Jeruk

Jenis buah ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Selain menyegarkan, buah jeruk ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Pada umumnya, kita mengetahui jeruk ini kaya akan vitamin C. Namun ternyata buah jeruk ini memiliki kandungan kalsium si dalamnya.

Keju

Keju terbuat dari susu yang telah diolah. Keju ini memiliki kandungan hampir sama dengan susu yang sering kita minum. Seperti contohnya kalsium. Namun sebaiknya tidak mengkonsumsi keju secara berlebihan karena berdampak buruk bagi kesehatan.

Kacang almond

Kacang ini memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Kacang almon memiliki kandunga kalsium sebanyak 70-80 mg. tidak hanya itu, kacang almond juga memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulit. Oleh karena berbagai kandunga yang dimiliki kacang ini, kita bisa menjadikannya sebagi camilan sehat sehari-hari.

Kedelai

Satu cangkir kedelai tanpa campuran mengandung 261 mg kalsium. Dengan jumlah kasium yang sedemikian, makanan ini adalah tergolong ke dalam makanan yang kaya akan kalsium. Berbagai macam olahan kedelai seperti susu kedelai juga baik dikonsumsi karena mampu member kalsium bagi tubuh.

Pisang

Pisang memiliki banyak sekali memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah kalium, magnesium, besi, fosfor, dan yang terpenting adalah kalsium. Selain rasanya yang enak, pisang juga sangat mudah ditemukan di sekeliling kita.

Itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Putihkan Gigi dengan cara Alami
Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.