Home Buleleng Round Up Jagabaya Dulang Mangap, Gelar Donor Darah

Jagabaya Dulang Mangap, Gelar Donor Darah

34
0
SHARE

Pemuteran, Anggota Jagabaya Dulang Mangap Kabupaten Buleleng berpartisipasi dalam kegiatan donor darah untuk memenuhi kebutuhan stok darah di PMI.

Sejak wabah covid-19, ketersediaan kantung darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Buleleng semakin menipis, dengan demikian Jagabaya Dulang Mangap  Buleleng melakukan aksi cepat tanggap dengan memfasilitasi baik anggota maupun masyarakat dalam mendonorkan darah bertempat di Grya Taman Cakra Wijaya Sandi Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak Minggu, 02 Agustus 2020.

Ketua Jagabaya Dulang Mangap Putu Pasek Agung Dibia Atmaja mengatakan anggota Jagabaya Dulang Mangap selalu siap siaga membantu masyarakat dalam melaksanakan donor darah. Pasek Dibia juga berharap dengan adanya kegiatan donor darah bisa bermanfaat bagi masyarakat Buleleng utamanya pada masa kenormalan baru (new normal).”Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat buleleng di era new normal ini, apabila membutuhkan darah kami bisa memberikan sumbangsih untuk transfusi darah kepada masyarakat Buleleng dan internal anggota kami Jagabaya Dulang Mangap Buleleng,”ujarnya.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Cabang Buleleng, Dokter Rizzani menjelaskan sudah ada 90 kantung darah yang terkumpul di UTD PMI Buleleng, sedangkan perharinya PMI membutuhkan 30-35 kantung darah. Jadi 90 kantung darah yang terkumpul hanya bisa digunakan dalam 3 hari. Dokter Rizzani juga berharap kedepan lebih banyak masyarakat yang mau mendonorkan darahnya seperti sebelum wabah covid-19 merebak. ”Kita berharap supaya ada lagi keinginan masyarakat untuk mendonorkan darahnya seperti yang dulu sebelum pandemi,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Pemuteran Nyoman Arnawa mengucapkan terimakasih kepada Ida Pandita Mpu Nabe Dwija Dharma Seraya yang telah menyediakan tempat untuk menggelar donor darah. Juga kepada organisasi Jagabaya Dulang Mangap yang telah memfasilitasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan di desa Pemuteran. “Saya mengucapkan banyak terimakasih karena warga kami sudah bisa berdonor darah. Tujuannya agar warga kami bisa menjalankan pola hidup sehat dan membantu masyarakat yang membutuhkan darah,”terangnya.

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 61 kantung darah berhasil dikumpulkan.(dpa/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.