Home Artikel Kesehatan Jaga Mata Indah Dengan Makanan Ini

Jaga Mata Indah Dengan Makanan Ini

Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi kehidupan kita. Dengan mata, kita mampu melihat indahnya dunia, menyaksikan segala fenomena yang terjadi, intinya mata adalah yang indera yang membuat hidup kita berwarna. Jadi tentunya anda sangat menyayangi mata anda bukan?

1612
0
SHARE

Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi kehidupan kita. Dengan mata, kita mampu melihat indah dunia ini, menyaksikan segala fenomena yang terjadi, intinya mata adalah yang indera yang membuat hidup kita berwarna. Jadi tentunya anda sangat menyayangi mata anda bukan?

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Seperti halnya organ lain, mata kita juga dapat mengalami penurunan fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya pengaruh usia, yang mana umumnya menjadi penyebab katarak, hingga kerusakan mata lainnya akibat dari seringnya menggunakan computer atau menonton televisi pada jarak yang terlalu dekat.

Namun, kita patut tetap bersyukur, karena walaupun ada banyak faktor yang menjadi penyebab penurunan kinerja mata kita, namun di bumi yang kita tinggali ini ada banyak makanan yang dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan mata. Untuk mata tetap sehat, kita disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan ini secara teratur, apa saja makanan tersebut?

5Avokad

Image from health.com

Buah avokad selain enak juga bermanfaat melindungi mata. Avokad memiliki kandungan lutein yang sangat tinggi, sehingga dapat mencegah terjadinya degenerasi maskular dan katarak. Selain itu, avokad berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan betakaroten untuk membentuk vitamin A, sehingga akan mampu diserap oleh tubuh dengan lebih baik.

Baca juga: Kemoterapi kanker payudara

Itulah dia beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata kita. Jika anda ingin mata indah anda tetap sehat, sebaiknya mulai sekarang rutinlah mengonsumsi jenis makanan di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat!

4Telur

Image from ngopy.com

Selain enak, ternyata telur juga kaya akan sumber nutrisi yang baik bagi mata kita. Telur mengandung vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Bagian putih telur menagndung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang baik berfungsi untuk mencegah degenerasi maskular dan katarak. Disarankan untuk mengonsumsi satu sampai dua butir telur karena dapat mencegah penurunan fungsi mata akibat usia.

3Bawang putih

Image from vemale.com

Taukah anda jika bawang putih dapat melindungi lensa mata dari katarak? Bawang putih kaya akan kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang mampu melindungi lensa mata kita dari radikal bebas, seperti sinar UV.

2Ikan

Image by sehatharga.com

Beberapa jenis ikan, seperti ikan salmon mengandungasam lemak omega-3 yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan jika dengan rajin mengonsumsi asam lemak omega-3, itu akan menyebabkan kita terhindar dari masalah mata kering. Selain ikan salmon, ikan tuna dan ikan kod juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

1Wortel

Image from hariansehat.com

Tidak ada yang meragukan lagi jika salah satu jenis sayuran ini memiliki manfaat yang baik guna menjaga kesehatan mata kita. Wortel memiliki kandungan betakaroten yang bermanfaat menjaga retina mata, serta mencegah terjadinya kerusakan mata akibat paparan sinar matahari. Betakoroten yang dimiliki wortel akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang nantinya akan digunakan untuk melindungi mata.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.