Home Artikel Kesehatan Jaga Kesehatan Paru-Paru Dengan Makanan Ini

Jaga Kesehatan Paru-Paru Dengan Makanan Ini

Paru-paru adalah satu organ pernafasan manusia yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Paru-paru yang sehat akan dapat menunjang kesehatan tubuh kita secara utuh. Namun, paru-paru ini juga bisa mengalami kerusakan seiring dengan bertambahnya umur apalagi didukung dengan pola hidup yang tidak sehat.

1648
0
SHARE
Cara menjaga kesehatan paru-paru, makanan kesehatan untuk menjaga kesehatan paru
Image by log.viva.co.id

Paru-paru adalah satu organ pernafasan manusia yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Paru-paru yang sehat akan dapat menunjang kesehatan tubuh kita secara utuh. Namun, paru-paru ini juga bisa mengalami kerusakan seiring dengan bertambahnya umur apalagi didukung dengan pola hidup yang tidak sehat.

Salah satu contoh penyebab kerusakan pada paru-paru adalah rokok. Selain itu, kualitas udara yang tidak baik atau kotor bisa memicu terjadinya kerusakan pada paru. Untuk menyikapi hal itu, olahraga dengan teratur adalah salah satu cara yang paling dianjurkan agar kesehatan paru-paru kita tetap terjaga kesehannya.

Baca juga: Mengetahui Antibiotik Pada Makanan

Ada cara lain yang bisa dilakuakan untuk menjaga kesehatan kesehatan paru yaitu dengan mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Untuk itu marilah kita simak makanan-makanan berikut ini.

Antioksidan

Senyawa ini mampu melindungi dan memperbaiki paru-paru kita dari kerusakan. Untuk itu dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan sangat baik dilakukan karena beberapa makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Air

Air putih memang kaya akan manfaat. Meminum air putih akan membantu mengeluarkan racun dan nikotin yang telah lama mengendap sebagai akibat merokok. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak.

Jeruk nipis

Air perasan jeruk nipis ini sangat baik dikonsumsi bagi seorang perokok. Biasanya, seorang perokok lebih rentan terkena kerusakan paru-paru. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jeruk nipis. Dalam studi yang pernah dilakukan, air perasan jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin dalam tubuh hingga 70.65%. Namun, bagi perokok, tidak bisa hanya mengandalkan jeruk nipis saja untuk menyehatkan paru-paru.

Omega 3

Sebuah penelitian membuktikan, bahwa para penderita gangguan paru-paru kronik (COPD) yang diberi makanan dengan kandungan omega 3, paru-parunya lambat laun membaik. Hal ini dibuktikan dengan penurunan serum dan tingkat produksi lendir pada penderitanya. Makanan-makanan yang mengandung omega 3 yaitu ikan tuna, ikan salmon, daging merah, dan makarel.

Kedelai

Dengan mengkonsumsi kedelai atau makanan olahan berbahan kedelai mampu menyehatkan dan membantu memperbaiki fungsi paru-paru yang rusak. Menurut sebuah penelitian di Jepang, orang yang mengkonsumsi kedelai mampu memiliki paru-paru yang sehat dengan ditunjukan dengan adanya peningkatan fungsi paru-paru dan turunnya resiko sesak nafas.

Itulah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Semoga bermanfaat.

Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.