Home Artikel Kesehatan Ini Yang Harus DiLakukan Ketika Divonis Berpenyakit Jantung

Ini Yang Harus DiLakukan Ketika Divonis Berpenyakit Jantung

Pola hidup yang tidak baik dapat menjadi salah satu penyebab sakit jantung, salah satunya yaitu merokok.

1405
0
SHARE
Image from health.detik.com

Jantung merupakan salah satu organ vital dari tubuh manusia. Banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan jantung kita, dimana faktor-faktor tersebut menyebabkan risiko menderita sakit jantung lebih tinggi bagi kalangan pria maupun wanita.

Pola hidup yang tidak baik dapat menjadi salah satu penyebab sakit jantung, salah satunya yaitu merokok. Sebagian masyarakat mungkin mengabaikan pola hidup sehat, dan baru merasakan bagaimana dampaknya ketika jantung mereka sudah tak sehat lagi.

Nah, walaupun setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, dan anda divonis menderita jantung, jangan terlalu panic menghadapi hal tersebut, karena ada dapat melakukan beberapa usaha yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung anda, diantaranya:

Kenali jantung kita secara benar

Kenalilah jantungmu! Hal ini berlaku bagi anda yang sudah pernah mengalami serangan penyakit jantung koroner. Tidak ada salahnya kita lebih mengenal jantung kita, mulai dari struktur jantung, pembuluh-pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung, hingga aliran sistemik yang terjadi di jantung.

Kenali faktor risiko yang menyebabkan kita terkena jantung

Jika anda sudah pernah mengalami serangan jantung, maka dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh mengenai kondisi jantung saat ini serta faktor risiko yang menyebabkan serangan jantung ini. Jadi penting bagi anda untuk mengetahui faktor risiko yang menyebabkan terjadinya serangan jantung pada diri anda, sehingga nantinya anda dapat mengontrol faktor tersebut untuk mencegah terjadinya serangan jantung dikemudian hari.

Kenali tanda bahaya serangan jantung koroner

Kenalilah tanda bagaimana rasa sebelum serangan jantung koroner terjadi. Bagi anda yang sudah pernah mengalami hal tersebut, mungkin anda sudah paham mengenai tanda-tanda terjadinya serangan jantung. Umumnya, akan terasa nyeri di bagian dada, kemudian nyeri akan menyebar ke lengan kiri, rahang dan ulu hati, anda juga akan merasa susha bernapas yang menyebabkan dada anda terasa tidak nyaman, dan nyeri yang timbul juga bisa disertai dengan pusing, keringat dingin dan mual.

Persiapkan segala sesuatunya agar penanganan lebih cepat

Penyakit serangan jantung koroner harus ditangani dengan cepat dan tepat. Jadi persiapkanlah segala sesuatu untuk penanganan ketika anda mengalami serangan jantung, seperti nomor rumah sakit atau dokter yang menangani anda, karena anda tidak akan pernah tau kapan serangan jantung ini akan terjadi.

Pengobatan untuk penyakit jantung disadari atau tidak memerlukan penanganan yang intensif secara medis. Jadi jangan pernah menyepelekan hal sekecil apapun yang berkaitan dengan pengobatan jantung anda.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Gerakan Yoga Untuk Kesehatan Jantung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.