Home Artikel Kesehatan Ini Dia Jenis-Jenis Kanker Payudara Yang Perlu Kamu Ketahui

Ini Dia Jenis-Jenis Kanker Payudara Yang Perlu Kamu Ketahui

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan penampakan sel yang muncul di bawah mikroskop.

869
0
SHARE
image by wallstreetotc.com

Namun, pada umumnya kanker payudara termasuk jenis karsinoma,yaitu jenis kanker yang berawal dari sel epitel, yang kemudian menyambungkan organ dan jaringan yang ada pada tubuh, seperti payudara.

Kanker payudara ada beberapa jenis, mulai dari yang paling umum menyerang wanita hingga jenis kanker payudar yang jarang terjadi.

Jenis dari kanker payudara digolongkan berdasarkan protein yang dikandung oleh sel kanker tersebut. Dimana penggolongannya itu menjadi seperti hormon receptor positive ataupun triple negative. Berikut adalah beberapa jenis kanker payudara yang umumnya menyerang wanita, diantaranya:

Ductal Carcinoma In Situ

Kanker payudara jenis ini dianggap sebagai jenis kanker yang tidak menyebar atau belum menyebar. Jika seorang wanita mengidap kanker payudara jenis DCIS, itu berarti bahwa sel pembentuk saluran susu yang ada pada payudaranya sudah berubah menjadi sel kanker. DCIS diaggap sebagai jenis pra-kanker dikarenakan oleh pada beberapa kasus kanker jenis ini dapat berubah menjadi kanker invasif. Namun, bila anda menderita kanker jenis ini kemungkinan untuk sembuh sangatlah tinggi.

Invasive Ductal Carcinoma

Kanker jenis ini merupakan jenis kanker yang paling umum menimpa wanita. Peyebaran dari kanker jenis ini berawal di saluran susu, kemudian akan menembus dinding saluran, lalu tumbuh pada jaringan lemak payudara. Jika anda menderita kanker jenis ini, maka penyebaran kanker ke organ lain sangat mungkin terjadi, yaitu melalui system getah bening dan aliran darah.

Invasive Lobular Carcinoma

Seperti namanya, kanker jenis ini berawal dari lobules. Lobules yaitu jaringan yang memproduksi air susu ibu, berawal dari sini, kemudian sel kanker akan menyebar ke bagian tubuh lain. Kanker jenis ini akan lebih sulit untuk dideteksi dengan mammogram dibandingkan jenis kanker invasive ductal carcinoma. Dan sekitar 1 dari 10 kanker invasif yang menyerang wanita merupakan jenis kanker ini.

Nah jadi itu dia beberapa jenis kanker yang umum menyerang wanita. Apapun jenis kankernya, kemungkinan dia untuk menyebar ke organ tubuh lain sangatlah besar. Jadi sebaiknya lakukanlah penanganan yang tepat jika anda tidak ingin sel kanker berkembang menjadi lebih ganas.

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.